Content Writing dan Copywriting. Dua jenis pekerjaan ini mirip, tapi tidak sama. Keduanya bergulat seputar pekerjaan tulis-menulis. Tapi ada perbedaan mendasar diantara dua jenis pekerjaan ini..
Perbedaan utama antara Content writing dan copywriting terletak pada tujuan untuk apa tulisan tersebut. Content Writing, dilakukan untuk memberi pembaca informasi yang terperinci sehingga melibatkan mereka dalam mencari pengetahuan detil tentang topik tertentu.Â
Sementara, copywriting adalah tentang mencari perhatian khalayak secara cepat dan segera dan dengan cara menjual nilai sesungguhnya dari sebuah merek dan atau produk dan layanannya dalam perspektif yang lebih sempit.
Menulis konten (Content Writing) berarti menuliskan isi dari sebuah informasi tentang perusahaan dan atau produk serta layanannya secara terperinci. Gaya penulisan seperti ini dimaksudkan untuk membantu merencanakan strategi pemasaran untuk merek dan atau produk dan layanan mereka.
Konten yang berkualitas dimaksudkan untuk menarik perhatian dari pembaca potensial. Penulisan konten yang berkualitas juga bertujuan untuk memberi edukasi pada pembaca tentang apa yang ingin ditawarkan oleh perusahaan, baik itu produk dan atau layanan.
Copywriting
Jika menulis konten adalah membuat luas sebuah ide atau gagasan, copywriting adalah kebalikannya. Tujuan akhir dari copywriting adalah menjual ide melalui media kata-kata.
Jadi, motif utama copywriting adalah menciptakan konten menarik dan bernilai tinggi yang murni ditujukan untuk menghadirkan merek yang ada di pasaran. Seni copywriting dengan demikian melibatkan penggunaan kata-kata dengan cermat sedemikian rupa sehingga mendorong seseorang untuk mengambil tindakan setelah merasa yakin.
Menjadi copywriter, atau mengerjakan copywriting itu gampang-gampang susah. Gampangnya, semua orang bisa menulis, bukankah begitu?
Susahnya, tidak semua tulisan bisa diformulasikan, ditransformasikan menjadi copywriting. Atau bahasa sederhananya; tidak semua tulisan bisa menarik minat pembaca, mempengaruhi mereka sehingga bisa mendorong mereka untuk mengambil tindakan.
5W 1H tentang Copywriting