Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Yakult Lady, Contoh Pemberdayaan Perempuan yang Lebih Beradab

22 Januari 2019   07:00 Diperbarui: 7 Juli 2021   18:06 6060
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi Himam Miladi, dengan ijin yang bersangkutan

Namanya Mbak Wati (nama asli minta disamarkan). Setiap sore pada hari-hari sekolah, Mbak Wati selalu ada di pintu gerbang sebuah SMP Negeri Kota Malang. Di tangan kanannya tergenggam dua botol kecil produk minuman probiotik, sementara tangan kirinya memegang tas plastik yang juga berisi botol minuman yang sama.

Saat anak-anak mulai keluar satu per satu dari sekolahnya, dengan senyum ramah Mbak Wati menyapa dan mulai menawarkan barang dagangannya.

"Yakult-nya Dik, biar usus kita tetap sehat."

Beberapa anak yang masih menyisakan uang saku mereka lalu mendekat, kemudian membeli barang satu atau dua botol. Sesekali ada pula orang tua murid yang sedang menjemput putra-putri mereka membeli satu slop sekaligus yang berisi 7 botol.

Baca juga : Menilik Bakteri Baik Lactobacillus Casei Shirota Strain Pada Produk Yakult

Mbak Wati adalah satu dari sekian ribu Yakult Lady yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Meski ada embel-embel Lady-nya, jangan membayangkan para penjual minuman probiotik ini adalah sosok wanita muda, cantik, dan berpakaian seksi. Sebaliknya, para Yakult Lady justru didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga, wanita-wanita dari kelompok masyarakat pinggiran yang berpakaian sopan dan beradab.

dokumentasi Himam Miladi, dengan ijin yang bersangkutan
dokumentasi Himam Miladi, dengan ijin yang bersangkutan
Seragam yang dikenakan Yakult Lady jauh dari kesan seksi yang menonjolkan daya tarik kewanitaan. Mereka diharuskan memakai celana panjang, dan bagi perempuan muslim disediakan kemeja lengan panjang serta diijinkan memakai jilbab.  

Baca juga : Keseruan Kunjungan ke Pabrik Yakult

Mungkin ini tak lepas dari segmen pasar Yakult yang menyasar keluarga, bukan konsumen dari kelompok usia tertentu atau berdasarkan gender khusus.

Yakult Lady adalah salah satu strategi Direct Sales yang dilakukan oleh PT. Yakult Indonesia Persada selaku produsen minuman Yakult. Selain itu, keberadaan Yakult Lady juga merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memberdayakan kaum perempuan. Mereka bisa mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

"Selama ini, masyarakat memersepsikan CSR hanya penghijauan, pendidikan, atau kesehatan; padahal cakupannya sangat luas. Yakult Lady juga merupakan salah satu CSR. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun