Mohon tunggu...
Prima Nadia Rahayu
Prima Nadia Rahayu Mohon Tunggu... Jurnalis - Junior Content Writer:)

Saya merupakan lulusan baru dari Komunikasi SV IPB University. Menulis memang merupakan suatu hal yang baru bagi saya, tetapi saya tidak pernah ragu untuk mencoba dan terus belajar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Teknologi Informasi terhadap Pemberdayaan Ekonomi Digital di Indonesia

1 Desember 2021   17:38 Diperbarui: 3 Desember 2021   14:02 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi informasi adalah teknologi yang dibuat dengan basis utama teknologi komputer. Teknologi dapat membantu manusia dalam membuat, menyimpan, dan menyebarkan segala jenis informasi. 

Penyebab teknologi berkembang pesat sangat banyak, salah satunya karena kebutuhan manusia yang terus meningkat dan tidak lepas dari peran teknologi. 

Kini perkembangan teknologi informasi sudah menyebar ke seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak- anak hingga dewasa, dan semua termotivasi untuk mengikuti dan mempelajari perkembangan teknologi yang terus berkembang ini.

Perkembangan teknologi membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat dan nyata, oleh karena itu para pelaku usaha dan pengusaha ekonomi kreatif harus bijak dalam menentukan langkah mereka, dan harus bisa menguasai hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi digital, terlebih dalam bidang sosial media, e-commerce maupun teknologi digital lain. 

Kini masyarakat hampir seluruhnya telah menggunakan smartphone sebagai alat teknologi informasi utama mereka, dan memanfaatkan media sosial untuk ajang promosi bagi bisnis mereka, sehingga peran teknologi informasi yang semakin berkembang ini dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha sebagai tombak kemajuan dalam memberdayakan ekonomi digital. 

Sosial media yang mempunyai peranan besar terhadap ekonomi digital seharusnya sudah bisa menerapkan metode pembayaran elektronik untuk menunjang kemajuan pendapatan usaha mereka. Jika biasanya seseorang melakukan transaksi secara tatap muka atau langsung, kini bisa dialihkan dengan menggunakan sistem digital. 

E-commerce yang sifatnya mudah, simple, dan bisa dijangkau tanpa batas waktu pun harus bisa menarik dan meyakinkan para customer agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Maka dari itu keseimbangan antara sarana media informasi digital, pemanfaatan media sosial, dan penerapan metode pembayaran elektronik harus mampu bekerja dan berjalan dengan seimbang agar segala hal yang konkret dapat menjadi peluang yang baik bagi usaha yang dijalankan oleh para pebisnis di Indonesia.

Memanfaatkan peran media sosial dengan baik tentu akan memiliki banyak keuntungan yang akan didapat, apalagi kini karena adanya pandemi membuat banyak konsumen beralih ke platform digital untuk melakukan segala jenis transaksi, mulai dari pembelian hingga pemesanan produk secara online. 

Pengunaan teknologi sangat bisa diandalkan untuk mendukung bisnis pada seluruh sektor di Indonesia, yakni melalui pengelolaan teknologi dengan memanfaatkan platform-platform digital yang ada. Maka dari itu banyak platform digital e-commerce bermunculan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah etanee yang merupakan platform digital supply chain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun