Mohon tunggu...
Prima Harmadi
Prima Harmadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Duta Inspirasi Indonesia Prov Sumatera Utara Batch 7

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ruangbelajar: Celah Menggali Ilmu untuk Kerjar Mimpi yang Besar Bersama Ruangguru

15 Maret 2023   16:36 Diperbarui: 15 Maret 2023   16:42 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya adalah si pengecut yang tidak punya keberanian untuk memiliki mimpi. Sejak kecil, saya selalu dihadapkan oleh kenyataan hidup yang selalu membuat saya berpikir bahwa saya tidak layak untuk memiliki cita-cita. Yang saya tahu saat itu adalah, mimpi hanya boleh dimiliki oleh mereka yang bapaknya pejabat, aparat, atau apapun itu asal bukan keluarga melarat. Saya tahu betul bahwa ayah dan ibu saya hanya petani yang lahannya pun milik orang lain. Jangankan mimpi kuliah di UI (Universitas Indonesia), bisa lulus SMA saja sudah merupakan pencapaian yang luar biasa. Begitulah kira-kira gambaran hidup saya sebelum  saya mengenal Ruangguru. Sekolah hanya sekedar duduk dan pulang, berharap selembar ijazah terbit agar dapat segera bekerja untuk mendapatkan banyak uang.

Aplikasi bimbel online luar biasa bernama Ruangguru benar-benar mengubah segalanya. Semua bermula saat saya duduk di kelas XI. Saya memutuskan untuk download aplikasinya di Playstore karena satu artikel yang sangat menarik dari Ruangbaca yang membahas tentang BEASISWA KULIAH GRATIS SAMPAI LULUS! Saat pertama kali membaca artikel tersebut, saya meneteskan air mata padahal saya belum dinobatkan sebagai awardee beasiswa. Rasanya seperti ditampar dan disadarkan bahwa Tuhan akan selalu memberikan jalan bagi hambanya yang sedang kesulitan. Saya melihat ini sebagai suatu peluang yang tidak boleh disia-siakan. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan, saya beranikan diri untuk mendaftar.

Masih teringat jelas saat pengisian formulir, saya menangis tersedu karena diminta untuk menceritakan tentang impian apa yang ingin saya capai. Tidak hanya itu, pertanyaan tentang perkenalan diri dan background keluarga juga turut menyulut air mata saya. Terbayang wajah Ayah dan Ibu saya yang sedang bersusah payah memeras keringat dan membanting tulang di tengah panasnya matahari dari pagi hingga petang agar anak-anaknya bisa terus mengenyam pendidikan.

Ruangguru
Ruangguru

Serangkaian proses seleksi berhasil saya lewati hingga saya dinobatkan menjadi salah satu awardee Beasiswa Anak Gemilang (BAG).

Salah satu benefit yang saya dapatkan adalah akses gratis Ruangguru (Ruang Belajar + UTBK) dan Digital Bootcamp selama setahun penuh. Saya dapat mengakses Ruangguru, ada banyak sekali fitur-fitur yang sangat menarik perhatian saya yang mengakibatkan proses belajar saya menjadi lebih menyenangkan. Berjam-jam belajar bersama Ruangguru sama sekali tidak membosankan, mungkin karena videonya dilengkapi dengana ilustrasi dan animasi yang membuat suasana belajar menjadi hidup dan menyenangkan.

Ruangguru
Ruangguru

Saat sedang lola (loading lama) saya juga bisa memutar ulang video jika masih kurang paham dan hal tersebut membuat pemahaman saya menjadi semakin baik. Saya tidak lagi kebingungan dengan materi yang disampaikan oleh guru karena sudah saya pelajari di aplikasi Ruangguru pada malam sebelumnya. Materi di Ruangguru juga sangat sangat lengkap, bahkan banyak sekali pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah tetapi ada di Ruangguru dan topik tersebut sangat penting karena sering keluar di UTBK.

Ruangguru dilengkapi oleh lebih dari 65 ribu video pembelajaran menarik dan mudah dipahami, ADAPTO yang dapat menyesuaikan pengetahuan siswa sehingga apabila sudah paham tidak perlu mengulang video, lebih dari 400 ribu latihan soal beserta pembahasan yang dapat melatih pemahaman karena practice make perfect, latihan bab, bank soal, tryout PTS, PAS, dan US, rangkuman infografis setiap bab, serta yang sangat dibutuhkan adalah materi offline yang dapat didownload.

Ruangguru
Ruangguru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun