Mohon tunggu...
Prima Dien
Prima Dien Mohon Tunggu... lainnya -

love travelling .....

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Makanan dengan Casing Daun Jambu Biji

26 Agustus 2013   08:07 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:49 726
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Coba tebak kira-kira makanan apa yang terlihat pada foto di bawah ini ? Bingung ...... Upss.... Bagi yang masih bingung, saya kasih bocorannya ya. '' TAPE KETAN '' Tape singkong, tape ketan atau (tape pulut kata kami orang Medan) merupakan makanan khas Indonesia yang banyak dijual di pasar terutama pasar tradisional. Dahulu kala .... Biasanya tape singkong atau tape ketan yang dijual dalam porsi kecil dibungkus dengan daun pisang dan dipincuk dengan lidi. Satu bungkus  berisi 2 atau 3 potong kecil tape singkong.  Kemudian dua  bungkus tape itu ditautkan lagi dengan lidi hingga menjadi roncean tape yang berisi 10 bungkus tape atau lebih. Sekarang ini umumnya tape singkong/ketan dijual di dalam wadah plastik,  jarang sekali saya melihat tape yang dibungkus daun pisang. Hal ini mungkin karena mulai terbatasnya ketersediaan daun pisang. Nah ... tape ketan seperti yang  terlihat pada foto kelihatannya unik karena dibungkus dengan daun jambu biji. Tape dengan casing daun jambu biji ini berasal dari Kuningan yang di bawa oleh Wiwin, asisten  adik saya yang tinggalnya di Jakarta. Sekembalinya dari mudik lebaran di Kuningan biasanya Wiwin akan membawa oleh-oleh tape ketan khas kampungnya. Ini pertama kalinya saya menikmati tape ketan dengan casing unik seperti ini. Awalnya hanya sekedar ingin mencicipi , tapi begitu tapenya kena di lidah, rasanya manis banget membuat saya ketagihan malah pengen nambah lagi.  Jadi lupa kalau saya punya sakit Maag yang sangat rentan dengan segala jenis makanan yang berbahan dasar ketan. Syukurnya , perut saya aman-aman saja setelah makan beberapa bungkus tape ketan ini. Saya jadi teringat masa SMP, saat praktek biologi dan diharuskan membuat tape singkong dengan menggunakan ragi. Hasilnya hancur total .... rasa tapenya  asaaaam banget.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun