Mohon tunggu...
Prima Donia
Prima Donia Mohon Tunggu... -

Pekerja, yang hobby travelling bersama-sama dengan anak & istri.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Penerima Pensiun di BRI Tidak Boleh Diberikan ATM, tapi di Bank Mandiri Bisa. Kok Beda..?

6 April 2012   11:24 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:57 11227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Orangtua saya (ayah dan Ibu) adalah pensiunan. Ayah pensiunan anggota TNI sedangkan Ibu saya pensiunan PNS. Sejak saya kecil, Ayah dan Ibu sudah mengenalkan kami dengan Bank karena mereka senantiasa memasukkan seluruh gaji yang diterimanya secara tunai (dalam amplop) ke rekening tabungan yang ada di Bank baru kemudian diambil sesuai kebutuhan. Selain lebih aman, mereka merasa nyaman karena memiliki catatan uang keluar masuk yang tertera di dalam Buku Tabungannya.

Ayah saya ketika itu menabung di Tabungan Jumbo Bank BBD (saat ini sudah berubah menjadi Bank Mandiri) Jl. DI Panjaitan Jakarta Timur, sedangkan Ibu saya menabung di Tabungan Tabanas (selanjutnya berubah nama menjadi Britama) Bank BRI Otista Jakarta Timur. Mereka masing-masing memilih Bank tersebut semata-mata karena akses yang lebih mudah untuk datang ke kantor Bank tersebut. Nyamannya menyimpan uang gaji di Bank semakin bertambah ketika muncul fasilitas ATM, meskipun orangtua saya termasuk orang gagap tehnologi.

Ketika memasuki masa pensiun beberapa tahun yang lalu, Ayah saya mendaftarkan pensiunnya untuk dapat diterima di rekening tabungannya di Bank Mandiri sementara Ibu saya ke Bank BRI, kebetulan pula didekat rumah orangtua saya ada Kantor Cabang Bank Mandiri dan BRI.

Yang mengherankan saya, Ayah saya dapat menggunakan rekeningnya di Bank Mandiri yang sudah dimilikinya sejak lama dan sudah dilengkapi dengan ATM. Sementara Ibu saya di Bank BRI diminta untuk membuka rekening baru yang walaupun sama-sama Britama namun rekening tersebut memiliki kode "Pensiunan". Ibu saya tidak keberatan dan memindahkan isi rekening Britamanya yang lama ke rekeningnya yang baru "Britama Pensiunan". Bagi Ibu saya tentu suatu pemborosan memiliki rekening lebih dari satu di satu bank.

Setelah berjalan beberapa lama, maka saya dapat melihat perbedaan antara pensiun Ibu saya yang diterimanya di Rekening Britama Bank BRI dan pensiun Ayah saya yang diterimanya di Rekening Tabungan Bank Mandiri sebagai berikut:

Pensiunan di Bank BRI:

- Pensiunan tidak diberikan Kartu ATM.

- Biaya Administrasi bulanan Rp. 2.000,-

Pensiunan di Bank Mandiri:

- Pensiunan dianggap sama dengan nasabah lainnya, diberikan ATM dan fitur2 turunan lainnya.

- Biaya Administrasi bulanan Rp. 10.000,- sama dengan nasabah lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun