Jumlah pengguna TikTok di Indonesia tembus 157,6 juta pengguna per Juli 2024. Hal tersebut terungkap dalam laporan berjudul "Countries with the largest TikTok audience as of July 2024" yang dipublikasi oleh firma riset Statista pada Agustus 2024. (Kompas, 2024). Maraknya pengguna TikTok terjadi karena dianggap lebih menarik dari platform sosial media lainnya. Mengapa demikian? Konten yang kreatif dan mengikuti tren, dimana hal ini mengundang pengguna TikTok untuk berpartisipasi serta berlomba-lomba membuat sesuatu yang viral. TikTok juga menawarkan algoritma yang efektif yaitu konten yang ditampilkan atau biasa disebut dengan FYP (For Your Page) cenderung merujuk kepada minat pengguna. Sehingga, melalui beberapa alasan tersebut TikTok terkesan lebih mudah untuk diakses dan mengikuti perkembangan jaman.Â
Ramainya penggunaan TikTok juga menarik perhatian para brand besar di seluruh Indonesia. TikTok Live menjadi salah satu tawaran yang menjanjikan dalam fitur TikTok sebagai media pemasaran produk dari brand tersebut. Apa sebenernya TikTok Live itu? Menurut TikTok Help Center, TikTok Live adalah fitur yang mengizinkan penonton dan kreator untuk berinteraksi secara real-time. Sebagai kreator, kamu mungkin memiliki akses ke fitur LIVE seperti efek, hosting multi-guest, moderasi, Hadiah LIVE, dan pengaturan lainnya. Sebagai penonton, kamu dapat mendukung konten LIVE kreator favorit mu dengan menonton video LIVE mereka, berlangganan komunitas LIVE mereka, berpartisipasi dalam obrolan, bereaksi terhadap LIVE mereka dengan Hadiah virtual, dan banyak lagi. Interaksi secara real-time adalah kunci dari dipilihnya TikTok Live sebagai media promosi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menanyakan secara langsung mengenai stock barang, detail produk, bahkan hanya untuk sekadar chit and chat hal diluar produk sebagai fungsi pendekatan ke pelanggan. Tidak perlu bertemu langsung, tidak membutuhkan tempat sewa untuk interaksi dengan pelanggan, tidak memerlukan tenaga dan biaya ekstra untuk memasarkan produk adalah sebuah keunggulan dari TikTok Live.
Somethinc adalah salah satu brand Indonesian di bidang kecantikan yang sukses bersama TikTok Live. Somethinc sangat terkenal karena menggandeng artis-artis dan influencer ternama untuk menjadi Brand Ambassador mereka. Yang paling baru, Somethinc menggandeng Princess Syahrini menjadi BA untuk produk terbaru mereka, DIAMOND PHYTO Stem Cell Serum. Dengan pendapatan TikTok Live sebesar Rp3,3 miliyar dan pengikut TikTok 2,1 juta. (Firmansyah, 2023). Data tersebut menjadi bukti bahwa TikTok Live sangat menguntungkan dunia pemasaran produk.
Tergiur untuk menggunakan TikTok Live? Ini beberapa strategi untuk membaca algoritma dari TikToK Live kamu!
Upload video TikTok seputar produk yang akan kamu promosikan, 2-3 jam sebelum melakukan live di TikTok. Mengupload video dapat menambah peluang ketika video kamu lewat di beranda pengguna, mereka akan tertarik dan bergabung di live kamu. Jangan lupa juga untuk jadwalkan dan buat durasi yang tetap untuk kamu live di TikTok kamu. Contohnya setiap jam 7 malam selama 2 jam secara rutin. TikTok akan membaca akun kamu lalu menganggap bahwa akun mu aktif dan konsisten. Selanjutnya dengan cara beriklan di TikTok. Menurut TikTok Help Center, Iklan Anda akan muncul di feed TikTok, Shopping Center, dan pencarian. Saat ada yang mengklik LIVE Shopping Ads Anda, mereka akan melihat video atau livestream yang Anda pilih. Biaya iklan juga dapat disesuaikan dengan keinginanmu.
Menjadikan TikTok Live sebagai media promosi utama kamu adalah satu hal yang sangat menarik. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga untuk memasarkan produk. Tetap latih pendekatan yang strategis dan adaptif dalam menyiarkan TikTok Live mu! Tidak ada salahnya untuk memulai dari sekarang. Siarkan produkmu sekarang juga!
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H