Mohon tunggu...
kompasiana premium

SYARAT DAN KETENTUAN KOMPASIANA PREMIUM

Deskripsi, Syarat dan Ketentuan Premium Kompasiana

Dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi para pengguna dan pembaca, Kompasiana menyediakan layanan Premium.

Layanan premium ini berbayar dan memungkinkan pengguna (pembaca maupun pembuat konten) untuk mendapatkan pengalaman berkompasiana lebih nyaman, dengan sejumlah fasilitas penggunaan fitur eksklusif dan halaman bebas iklan.

Dengan menggunakan layanan Premium ini berarti Anda telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Premium Kompasiana, Syarat Ketentuan Layanan Kompasiana, Syarat Ketentuan Konten, dan ketentuan lainnya yang berlaku secara umum untuk situs web Kompasiana.

1. PENAWARAN PERCOBAAN

  • Kompasiana menawarkan uji coba gratis (Free Trial) kepada seluruh pengguna dan pembaca Kompasiana

  • Setiap akun Kompasiana hanya satu kali kesempatan untuk dapat menggunakan Penawaran Percobaan. Selanjutnya pengguna tidak dapat menggunakan atau menukarkan penawaran percobaan kembali

  • Periode waktu Penawaran Percobaan dapat berubah-ubah, ditangguhkan, atau dihentikan sesuai dengan kebijakan Kompasiana tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu

  • Periode Penawaran Percobaan akan berlangsung selama 14 (empat belas) hari,  terhitung sejak tanggal berhasil menggunakan Penawaran Percobaan
  • Setiap Penawaran Percobaan menyediakan akses ke Layanan Kompasiana Premium sesuai informasi yang telah disampaikan melalui media promosi
  • Apabila terjadi pembatalan Penawaran Percobaan selama periode berjalan, Anda akan kehilangan akses ke layanan Kompasiana Premium dan kembali menjadi akun reguler. Untuk membatalkan akun Premium percobaan, silakan masuk ke halaman "Profil", lalu pilih tombol "Premium", dan pilih “Berhenti Berlangganan”
  • Apabila ditemukan kecurangan pada penggungaan Penawaran Percobaan, Kompasiana berhak untuk membatalkan Penawaran Percobaan kepada pengguna yang bersangkutan dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
  • Dengan menyetujui untuk menggunakan Penawaran Percobaan maka Anda menerima dan menyetujui Syarat & Ketentuan Penawaran Percobaan dari Kompasiana

 

2. BERLANGGANAN/PEMBELIAN

  • Untuk mulai melakukan berlangganan Layanan Premium Kompasiana, Pengguna wajib memiliki akun dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di Kompasiana dan mengisi data diri  pada bagian “Pengaturan”
  • Pengguna bertanggungjawab menjaga kerahasiaan data akun dan kata sandi milik Pengguna
  • KOMPASIANA tidak akan meminta kata sandi Pengguna untuk alasan apapun, sehingga KOMPASIANA mengimbau Pengguna untuk tidak memberikan kata sandi akun kepada pihak manapun yang mengaku sebagai pihak KOMPASIANA
  • Untuk memperpanjang masa berlaku Kompasiana Premium Pengguna harus melakukan pembelian ulang paket yang dapat diperpanjang sejak 7 (tujuh) hari sebelum paket kedaluwarsa. Paket yang sebelumnya akan berhenti secara otomatis setelah pembelian paket baru

  • Apabila Pengguna ingin mengubah paket premium, maka harus terlebih dahulu membatalkan paket sebelumnya. Pembatalan dapat dilakukan pada bagian profil, klik pada tombol "Premium" kemudian pilih “Berhenti Berlangganan”, pilih alasan pembatalan paket, kemudian kirim alasan tersebut. Kompasiana Premium akan otomatis berhenti dan akun Anda menjadi reguler akun

  • Periode Kompasiana Premium akun Anda akan berlangsung sesuai dengan periode yang dipilih dimulai sejak paket premium aktif

  • Harga untuk pembelian paket Kompasiana premium dapat berubah kapan saja, Kompasiana tidak menyediakan pengembalian dana jika terjadi pengurangan harga atau penawaran promosi

  • Pengguna setuju untuk membayar layanan Kompasiana Premium akun yang dipesan (kecuali masa promosi gratis)
  • Saat melakukan pembelian atau berlangganan Premium Kompasiana, Pengguna setuju bahwa telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh informasi/deskripsi yang tertera sebelum melakukan pembelian atau berlangganan

 

3. PEMBAYARAN

  • Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur pembayaran yang disediakan di Kompasiana
  • Saat melakukan pemesanan pembelian paket Kompasiana Premium atau berlangganan, Pengguna menyetujui tarif pembelian dibayarkan di muka secara penuh
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui rekanan Payment Gateway Midtrans. Media yang digunakan antara lainKartu Kredit, ATM/Bank Transfer (BCA, BNI, Mandiri, Permata, ATM dari bank lain), dan Gopay

  • Pembayaran melalui ATM/Bank Transfer diterima paling lambat 1x24 jam, di luar waktu tersebut pembelian paket Kompasiana Premium dianggap batal

  • Pengguna tidak dapat melakukan pembelian ulang apabila transaksi pembelian yang sebelumnya belum diselesaikan

  • Pengguna akan mendapatkan email rincian pembayaran dan tujuan pembayaran
  • Notifikasi rincian pembayaran akan dikirimkan melalui email yang Anda daftarkan untuk membayar pada pop up pembayaran
  • Email Yahoo memiliki keterbatasan untuk menerima rincian pembayaran, silakan kembali ke halaman Kompasiana untuk melihat rincian pembayaran. Anda dapat masuk ke halaman Profil kemudian klik pada tombol "Proses Premium"

 

4. VERIFIKASI PEMBAYARAN

  • Verifikasi pembayaran akan dikirimkan melalui email yang Anda daftarkan untuk membayar.
  • Silakan menunggu untuk proses verifikasi pembayaran setelah Anda melakukan pembayaran

  • Notifikasi verifikasi pembayaran akan dikirimkan melalui email yang Anda daftarkan untuk membayar dan email Kompasiana Anda
  • Setelah proses pembayaran berhasil Kompasiana akan mengaktifkan layanan premium dengan memberitahukan informasi dari email Kompasiana pemilik akun premium dan notifikasi (ikon loceng)

 

5. PENGGUNAAN LAYANAN KOMPASIANA PREMIUM

  • Layanan Kompasiana Premium akan berakhir sesuai dengan periode yang dipilih saat mengaktifkan akun premium
  • Fitur yang diperoleh pada Layanan Kompasiana sesuai dengan yang diiklankan
  • Perhitungan periode paket premium adalah 1 (satu) Bulan untuk 30 (tiga puluh) hari, paket 3 (tiga) Bulan untuk 91 (sembilan puluh satu) hari, paket 6 (enam) Bulan untuk 183 (seratuh delapan puluh tiga) hari, paket 1 (satu) tahun untuk 365 (tiga ratus enam puluh lima) hari

  • Akses ini akan tetap berlaku hingga dan kecuali diakhiri oleh Anda atau Kompasiana
  • Apabila Anda membeli atau memperpanjang waktu paket premium maka paket yang sebelumnya akan terhenti dan terakumulasikan sisa periode waktunya dengan paket baru yang Anda beli
  • Kompasiana akan mengirimkan email pengingat sebagai reminder waktu kedaluwarsa paket Anda

 

6. BATASAN PENGGUNAAN

Batasan ketika menggunakan layanan premium akun, Anda tidak boleh (atau berusaha untuk):

  • Menyalin, menjual, menyewakan, atau mensublisensikan Layanan Kompasiana Premium kepada pihak ketiga mana pun
  • Membagikan kata sandi akun Kompasiana Anda dengan orang lain  untuk memungkinkan mengakses bagian apa pun di layanan Kompasiana Premium yang tidak dipesan oleh orang tersebut

  • Menggunakan bagian apapun dari layanan kompasiana Premium dengan cara ilegal atau untuk tujuan ilegal
  • Menghindari, merekayasa ulang, memodifikasi, menonaktifkan, atau merusak teknologi keamanan apapun yang digunakan Kompasiana atau pihak ketiga manapun untuk melindungi Layanan Kompasiana Premium atau membantu orang lain untuk melakukannya
  • Mengakses Layanan Kompasiana Premium selain dengan cara yang diizinkan oleh Kompasiana

 

7. PERUBAHAN DAN PENGHENTIAN LAYANAN

  • Kompasiana tidak melakukan pengembalian dana untuk paket yang dibatalkan

  • Pembatalan atau penghentian paket dapat dilakukan kapan pun dengan mengisi alasan pembatalan

  • Kompasiana berhak untuk mengubah ketersediaan layanan premium akun. Selain itu, Kompasiana berhak untuk memodifikasi, menangguhkan, atau menghentikan layanan apapun dengan atau tanpa pemberitahuan kepada pengguna.

  • Sesuai ketentuan Kompasiana bahwa Kompasianer yang melakukan pelanggaran dan mengalami penghapusan artikel maksimal 5 kali, dapat terkena sanksi pembekuan akun secara otomatis tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila akun pengguna adalah premium saat dibekukan maka Kompasiana tidak melakukan pengembalian dana untuk akun yang dibekukan.

 

8. LAYANAN PENGGUNA

Untuk memberikan layanan yang optimal, pihak KOMPASIANA dapat dihubungi pada alamat, nomor telepon dan email berikut ini pada jam operasional (kerja) 09:00 WIB – 17:00 WIB.

Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat Unit II Lantai 6, Jl. Palmerah Barat No. 29-37, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10270

Telepon: +6221 536 99 200

Telepon: +6221 5360678

Email:  kompasiana@kompasiana.com

 

9.PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Setiap perbedaan pendapat dan atau perselisihan yang timbul, diusahakan untuk diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat

 

10. PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN

  • KOMPASIANA berhak melakukan kebijaksanaan untuk memodifikasi, mengubah, menambah, atau mengganti salah satu dari Syarat dan Ketentuan Penjualan setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Silakan periksa halaman ini secara berkala untuk perubahan.
  • Jika Kompasiana menemukan adanya pelanggaran dari Syarat dan Ketetuan Premium Kompasiana, maka Kompasiana dapat segera menghentikan akses pengguna pada premium fitur tanpa pengembalian dana.