MANFAAT EKUITAS MEREK:
1. Tahan Terhadap Persaingan Bisnis: Bagaimanapun imbas merek dalam persaingan bisnis, kita dapat melihat dengan merek, misalnya iPhone & Samsung yang tetap laku meski banyak merek baru yang lebih murah.Â
2. Tidak Perlu Takut atau Khawatir Menaikkan Harga: Perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang tinggi, akan dikenal oleh masyarakat. Jadi dengan harga yang mahal, konsumen masih rela membeli lantaran kualitasnya yang bagus.Â
3. Mengalahkan Kompetitor Menggunakan Diferensiasi Produk: Merek dengan ekuitas yang sangat kuat, tidak perlu risih dalam mempertinggi harga produk atau meluncurkan produk baru yang lebih mahal menurut kompetitor, hal ini karena pelanggan mereka sudah percaya menggunakan kualitas dari ekuitas merek tersebut.Â
TERDAPAT 4 DIMENSI EKUITAS MEREK:
1. Brand Awareness: Merupakan kemampuan pelanggan untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek dan menggantikannya dengan satu kategori produk tertentu.Â
2. Perceived Quality: Yaitu mendeskripsikan respon holistik pelanggan terhadap kualitas dan keunggulan yang ditawarkan sebuah merek.Â
3. Brand Associations: Adalah yang berkenaan dengan segala sesuatu yang terkait dengan memori pelanggan terhadap sebuah merek.Â
4. Brand Loyalty: Yaitu komitmen yang kuat untuk berlangganan atau membeli kembali suatu merek secara konsisten pada masa mendatang.Â
MODEL EKUITAS MEREK:
1. Penilaian Aset Merek Valuator (BAV): Adalah metrik yang ditetapkan untuk mengukur nilai merek suatu ekuitas.