SYARAT SEGMENTASI PASAR
1. Â Bisa Diukur: Termasuk mengukur besar dan luas pasar, serta daya beli yang potensial.Â
2. Logis Dan Bisa Dijalankan: Karena yang paling pasti tidak akan ada produk yang akan dipasarkan sekalipun karakteristik pembeli sudah dikantongi.Â
3. Ada Target Segmentasi Yang Ingin Dicapai: Pastikan target tersebut masuk akal, sehingga bisa dicapai melalui sistem segmentasi.Â
4. Pasar Lebih Heterogen Dan Target Luas: Pastikan segmentasi pasar dan target luas, karena jika terlalu sempit maka tidak berfungsi pemasarannya.Â
MANFAAT SEGMENTASI PASAR
1. Gagasan Pemasaran Sangat Jelas: Karena sebelum perusahaan mensuplai barang, perusahaan sudah mengantongi data konsumen yang akan membeli produk.Â
2. Lebih Mudah Mengatur Produk: Sehingga pihak perusahaan tinggal memasarkan saja kepada konsumen.Â
3. Menemukan Perbandingan Antar Pasar: Konsumen memiliki ukuran yang berbeda-beda, karena itulah perusahaan bisa melakukan perbandingan antara pasar dengan melakukan pengelompokan konsumen.
PROSEDUR SEGMENTASI PASAR
1. Survey Stage: Bentuk surveinya dilakukan oleh perusahaan sendiri baik dilakukan dengan wawancara, tebar angket, dan meminta saran.Â