Mohon tunggu...
Prayogo Arbi
Prayogo Arbi Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar / Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hobi Membaca

Selanjutnya

Tutup

Money

Proses Pembelian Pasar Bisnis Pemasaran B2B

1 Desember 2021   16:07 Diperbarui: 1 Desember 2021   16:09 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Strategi marketing business to business terdapat 2 entitas yang dapat kita pasarkan produk atau layanan dalam bisnis dan individu. Meskipun ada persamaan jual, adapun perbedaan nya. Pemasaran B2B adalah proses pemasaran yang bertujuan untuk menarik bisnis lain. Jika menjual produk atau layanan bisnis ke organisasi lain, maka hal tersebut dianggap penjualan B2B. 

Dalam hal ini kita punya taktik pemasaran B2B untuk menghasilkan prospek. Perbedaan pemasaran B2B & B2C, pemasaran B2B adalah saat kita mengupayakan pemasaran ke bisnis atau organisasi. Sedangkan B2C merupakan mengarahkan strategi pemasaran untuk konsumsi individu. 

Jenis-jenis Marketing B2B:

1. Blogging: kita harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Postingan blog harus ditujukan dengan anggota tertentu dalam bisnis. 

2. Email: email merupakan taktik pemasaran umum untuk kampanye pemasaran B2B & B2C. 

3. Refferal: refferal adalah jika kita menghasilkan penjualan untuk merekomendasi pelanggan sebelumnya. 

4. Optimisasi mesin pencari (SEO): biasanya digunakan untuk menghasilkan pencarian di internet & menelusuri hasil teratas. 

5. Media sosial: merupakan strategi pemasaran B2C yang umum, tapi juga efektif dalam penjualan B2B. Ini karena pengambilan bisnis lain juga ada di media sosial untuk mempromosikan. 

6. Pameran dagang & konvensi: adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan profesional industri lainnya & mempromosikan bisnis. Pameran dagang pada dasarnya adalah jejaring yang sempurna untuk siapa saja yang terlibat penjualan B2B.

Contoh strategi marketing B2B:

1. Software: dalam postingan blog, perusahaan juga mempromosikan software mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun