Strategi marketing business to business terdapat 2 entitas yang dapat kita pasarkan produk atau layanan dalam bisnis dan individu. Meskipun ada persamaan jual, adapun perbedaan nya. Pemasaran B2B adalah proses pemasaran yang bertujuan untuk menarik bisnis lain. Jika menjual produk atau layanan bisnis ke organisasi lain, maka hal tersebut dianggap penjualan B2B.Â
Dalam hal ini kita punya taktik pemasaran B2B untuk menghasilkan prospek. Perbedaan pemasaran B2B & B2C, pemasaran B2B adalah saat kita mengupayakan pemasaran ke bisnis atau organisasi. Sedangkan B2C merupakan mengarahkan strategi pemasaran untuk konsumsi individu.Â
Jenis-jenis Marketing B2B:
1. Blogging: kita harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Postingan blog harus ditujukan dengan anggota tertentu dalam bisnis.Â
2. Email: email merupakan taktik pemasaran umum untuk kampanye pemasaran B2B & B2C.Â
3. Refferal: refferal adalah jika kita menghasilkan penjualan untuk merekomendasi pelanggan sebelumnya.Â
4. Optimisasi mesin pencari (SEO): biasanya digunakan untuk menghasilkan pencarian di internet & menelusuri hasil teratas.Â
5. Media sosial: merupakan strategi pemasaran B2C yang umum, tapi juga efektif dalam penjualan B2B. Ini karena pengambilan bisnis lain juga ada di media sosial untuk mempromosikan.Â
6. Pameran dagang & konvensi: adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan profesional industri lainnya & mempromosikan bisnis. Pameran dagang pada dasarnya adalah jejaring yang sempurna untuk siapa saja yang terlibat penjualan B2B.
Contoh strategi marketing B2B:
1. Software: dalam postingan blog, perusahaan juga mempromosikan software mereka.