Riset pasar adalah mengevaluasi kelayakan suatu produk atau layanan baru. Melalui riset yang dilakukan secara langsung dengan konsumen potensi. Metode ini menentukan bisnis dalam target pasar, mengumpulkan dan mengkomunikasikan opini, dan membuat keputusan yang tepat.
Riset pemasaran mempunyai 2 metode, yaitu:Â
1. Riset pasar premier: adalah suatu proses dimana organisasi atau bisnis berhubungan dengan konsumen akhir atau mempekerjakan pihak ke tiga untuk melakukan studi yang relevan dalam mengumpulkan data.
2. Riset pasar sekunder: yaitu menggunakan informasi yang dikelola oleh sumber dari luar seperti lembaga pemerintah, media, kamar dagang industri, dan lainnya.
Tips jika ingin melakukan riset pasar:
Menentukan tujuan penelitian anda. Pelajari tentang target pelanggan anda. Mengetahui siapa yang anda layani. Belajar dari pesaing. Buat pelanggan target anda terbuka.Â
Riset pasar yang efisien:
Membuat keputusan yang terinformasi dengan baik. Mendapatkan informasi yang akurat. Menentukan ukuran pasar. Memilih sistem penjualan yang sesuai. Mempelajari tentang referensi pelanggan. Mengumpulkan detail tentang persepsi pelanggan mengenai merek. Analisis metode komunikasi pelanggan.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H