Mohon tunggu...
prawinda anzari
prawinda anzari Mohon Tunggu... Dosen - Pemerhati gender dan media. Dosen Sosiologi Universitas Negeri Malang

Meluangkan waktu untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penggunaan SIPEJAR Sebagai Platform Pembelajaran Kewirausahaan Sosial Komunikasi

9 November 2024   20:23 Diperbarui: 9 November 2024   20:58 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam era digital saat ini, penggunaan Learning Management System (LMS) seperti SIPEJAR menjadi semakin relevan dan penting, terutama dalam mendukung pembelajaran mata kuliah kewirausahaan sosial komunikasi bagi mahasiswa semester 1 di Program Studi Ilmu Komunikasi. Sebagai mata kuliah yang bertujuan mengembangkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan yang berorientasi pada dampak sosial, kewirausahaan sosial komunikasi membutuhkan pendekatan pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan dapat mengakomodasi berbagai sumber daya. SIPEJAR berperan sebagai platform utama untuk mencapai tujuan-tujuan ini dengan memfasilitasi pengalaman pembelajaran yang lebih fleksibel, terstruktur, dan terukur.

1. Fasilitasi Materi Pembelajaran yang Terstruktur dan Mudah Diakses

SIPEJAR memungkinkan dosen untuk menyusun materi pembelajaran secara terstruktur dan terorganisir. Dalam konteks mata kuliah kewirausahaan sosial komunikasi, hal ini sangat penting karena mahasiswa dapat mengakses materi terkait teori kewirausahaan, konsep dasar sosial, dan studi kasus kewirausahaan sosial yang relevan secara langsung dari platform. Dengan adanya fitur pengelompokan materi per minggu atau per topik, mahasiswa dapat mengikuti alur pembelajaran yang jelas dan teratur, sehingga pemahaman mereka terhadap setiap konsep dapat berkembang secara bertahap.

Selain itu, SIPEJAR memungkinkan dosen untuk mengunggah berbagai jenis materi, mulai dari presentasi, artikel ilmiah, video, hingga tautan ke sumber eksternal. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai isu sosial dan praktik bisnis sosial. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengakses sumber-sumber pembelajaran tambahan dalam satu platform membantu mahasiswa memperluas wawasan mereka tanpa harus mencari sumber lain di luar platform, sehingga lebih efisien dan terfokus.

2. Peningkatan Interaksi dan Diskusi Melalui Forum dan Kolaborasi

Sebagai mata kuliah yang mengedepankan komunikasi dan kolaborasi, kewirausahaan sosial komunikasi sangat mengandalkan diskusi dan interaksi mahasiswa dalam memahami isu-isu sosial yang relevan. SIPEJAR menyediakan fitur forum diskusi yang memungkinkan mahasiswa untuk bertukar ide, memberikan tanggapan terhadap kasus-kasus kewirausahaan sosial, serta berbagi pengalaman atau pandangan pribadi mereka terhadap konsep-konsep yang telah dipelajari. Diskusi ini tidak hanya memperkaya pemahaman mahasiswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka melalui interaksi dengan teman-teman sekelas.

Forum diskusi ini juga memberi peluang bagi mahasiswa untuk melakukan brainstorming ide bisnis sosial yang berpotensi. Misalnya, mereka dapat diajak berdiskusi mengenai ide-ide inovatif dalam bisnis sosial berdasarkan masalah-masalah sosial yang diidentifikasi dari komunitas setempat. Dengan mengarahkan diskusi pada topik yang relevan, SIPEJAR berfungsi sebagai wadah pengembangan ide kewirausahaan sosial yang kolaboratif.

3. Evaluasi dan Penilaian yang Transparan dan Berkelanjutan

SIPEJAR menyediakan berbagai fitur evaluasi yang memungkinkan dosen untuk memantau perkembangan mahasiswa secara berkala. Dalam mata kuliah kewirausahaan sosial komunikasi, evaluasi merupakan bagian penting dalam menilai sejauh mana mahasiswa memahami konsep-konsep dasar kewirausahaan sosial serta kemampuan mereka untuk menerapkannya dalam situasi nyata. Dengan menggunakan kuis, tugas mingguan, dan penilaian berbasis proyek, dosen dapat mengukur pemahaman mahasiswa secara lebih komprehensif.

Selain itu, SIPEJAR memudahkan dosen dalam memberikan umpan balik yang konstruktif dan cepat, sehingga mahasiswa dapat memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam proses pembelajaran. Umpan balik yang cepat sangat penting dalam kewirausahaan sosial komunikasi karena mahasiswa perlu mengetahui apakah ide-ide mereka dalam membuat proyek sosial sudah sesuai dengan prinsip kewirausahaan sosial atau memerlukan perbaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun