Oggi Furniture adalah Perusahaan berkembang yang bergerak dalam bidang furnitur. Mengembangkan dan memproduksi furnitur berkualitas dengan harga terjangkau untuk pasar lokal maupun internasional. Menawarkan berbagai furniture knock-down dari perabot rumah tangga hingga kantor.
Apa itu magang mandiri? Magang mandiri adalah salah satu program yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan selama 1 atau 2 semester. Dalam program ini peserta magang diharapkan dapat mengenal dunia kerja secara langsung sehingga dapat membantu peserta mempersiapkan diri memasuki dunia kerja nantinya. Selain itu, peserta magang juga dapat mengasah kreativitas, kemampuan, dan ilmu yang telah mereka dapatkan dikampus agar lebih berkembang lagi.
Mahasiswa yang mengikuti program magang mandiri ini akan terjun langsung untuk membuat atau mengerjakan suatu program yang dibutuhkan oleh mitra. Kali ini penulis akan membagikan pengalamannya selama mengikuti program magang mandiri selama 6 bulan, berikut ceritanya.
Departemen HC&GA
Tugas seorang HR staff lebih berkaitan dengan SDM yang ada dalam perusahaan. Sedangkan, seorang GA (General Affair) staff memiliki tugas yang lebih berkaitan dengan penganggaran, pengadaan, pemesanan dan pemeliharaan barang-barang yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional sebuah perusahaan.Â
Departemen WarehouseÂ
Pekerjaan warehouse adalah deskripsi posisi yang berbeda untuk para profesional yang bekerja di warehouse. Posisi pekerjaan warehouse meliputi mereka yang bertanggung jawab atas pesanan pelanggan hingga pekerja yang mengambil dan mengemas barang. Titel yang umum biasanya termasuk pengiriman, pekerja warehouse dan penerima barang.
Perlu dicatat bahwa jenis pekerjaan berikut ini adalah posisi umum yang sering dijumpai pada warehouse pada umumnya. Sebab di tiap perusahaan akan sedikit berbeda dari mulai tugas, gaji, peran, fungsi warehouse, hingga bahkan penamaan posisi itu sendiri. Sebagai contoh warehouse worker, warehouse helper, staff gudang, memiliki tanggung jawab yang kurang lebih hampir sama.Â
Berikut ini jabatan atau pekerjaan yang ada di warehouse secara umum
- Receiver
- Machine operator
- Material handler
- Shipping and receiving associate
- Warehouse clerk
- Forklift operator
- Merchandise pickup/receiving associate/Picker
- Loader
- Packer
- General Laborer
- Shipping specialist
- Stocker
- Warehouse packer
- Distribution center manager
- Inventory control manager
- Warehouse manager
Istilah-Istilah Yang Harus Dipahami Ketika Bekerja di Warehouse
1. WMS (Warehouse Management System)
Warehouse management system merupakan perangkat lunak yang berguna untuk melacak pergerakan barang dan mengatur operasional gudang.Â
Sistem ini akan memudahkan dalam pengambilan, penerimaan, pembatalan, pendistribusian, dan inventaris.Â
2. Picking dan packing
Istilah yang merujuk pada kegiatan memilih dan mengemas barang sejak penerimaan hingga Anda distribusikan kembali.Â
Proses ini meliputi pemindahan barang ke bagian gudang, pembukaan kontainer, penyaringan barang untuk setiap tujuan, pengemasan kembali, menempelkan label untuk lanjut proses distribusi.Â
3. LogistikÂ
Satu istilah yang paling umum adalah logistik yakni meliputi kegiatan perpindahan barang, penyimpanan material sejak pengiriman awal, supplier hingga ke tangan pelanggan.Â
4. Zone picking
Proses pengambilan pesanan oleh picker yang berbeda, ia mengambil item dari area penyimpanan yang sudah ditetapkan untuk proses perakitan dan pengiriman nanti.Â
5. Reverse logistic
Ketika pelanggan mengembalikan barang, ini disebut dengan reverse logistic. Anda akan menangani pengembalian dan pengiriman ulang barang pada customer.Â
Selain itu, proses ini juga meliputi mengembalikan dana dan mengirimkan barang yang gagal didistribusikan ke gudang.Â
6. Bill of lading
Bill of lading merupakan berkas yang menunjukkan item di dalam pengiriman. Dokumen ini juga dianggap sebagai serah terima yang diberikan pengirim pada customer.Â
7. Cross docking
Istilah ini merujuk pada kegiatan memindahkan produk langsung dari area penerima ke area pengiriman untuk disalurkan.Â
8. Advanced shipping notification
Advanced shipping notification adalah berkas yang dikirim ke WMS dari penyalur yang berisi informasi penundaan pengiriman barang.Â
9. Replenishment
Replenishment berarti proses pemindahan inventaris dari penyimpanan sekunder ke gudang tetap. Prosedur pemindahan bisa saja terjadi dari distributor pusat ke supplier.Â
10. Purchase order
Terakhir yakni istilah PO alias berkas yang berupa permintaan pesanan dari pembeli ke supplier. Isinya berupa nama, kuantitas, dan harga barang. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H