Mohon tunggu...
Pramia AndrianaPutri
Pramia AndrianaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa aktif di Universitas Teknologi Digital Bandung jurusan Manajemen Saat ini saya sedang mendalami digital marketing dan finance.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pengertian, Faktor, dan Konsep Segmentasi, Targeting, Positioning, dan Brand Awareness

14 Mei 2024   12:19 Diperbarui: 14 Mei 2024   12:21 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pengertian dan Konsep Manajemen Pemasaran

Sebelum membahas tentang manajemen pemasaran, maka perlu untuk mengetahui arti pemasaran itu sendiri. Pemasaran merupakan proses manajerial yang menjadikan individu atau kelompok mendapatkan yang diinginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen (Firmansyah, 2019).

Pemasaran atau disebut juga marketing adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan social (Firmansyah, 2019). Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat inndividu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan (Sunyoto, 2014).

Menurut Sudarsono (Sudarsono, 2020) manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, (yang meliputi pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi) operasi pemasaran di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Tentu saja dalam fungsi manajemen pemasaran terdapat kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.

Menurut Sudarsono (Sudarsono, 2020), manajemen pemasaran, menggambarkan perbedaan pemikiran antara konsep penjualan dan konsep pemasaran, yaitu:

  • Penjualan berfokus pada kebutuhan penjual.
  • Pemasaran berfokus pada kebutuhan pembeli.
  • Penjualan memberi perhatian kepada kebutuhan penjual untuk menjadikan produknya uang tunai.
  • Pemasaran mempunyai gagasan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan melalui sarana-sarana produk dan keseluruhan kelompok barang yang dihubungkan dengan hal menciptakan, menyerahkan, dan akhirnya mengonsumsinya.

Menurut Panjaitan (Panjaitan, 2018), tujuan dari manajemen perusahaan adalah menemukan, menarik, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan sasaran dengan menciptakan, memberikan, dan mengkomunikasikan keunggulan produk atau jasa kepada konsumen.

Fungsi manajemen pemasaran menurut Panjaitan (Panjaitan, 2018):

  • Perencanaan Pemasaran, Perencanaan segala sesuatu sebelum melakukan kegiatan pemasaran yang meliputi tujuan, strategi, kebijaksanaan, dan taktik yang akan dijalankan.
  • Implementasi Pemasaran, Implementasi pemasaran adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran utuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari secara efektif dalam pelaksanaan renacana pemasaran. Kegiatan ini membutuhkan tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat memainkan perananan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.
  • Pengendalian/evaluasi kegiatan Pemasaran, Usaha memberikan petunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai dengan rencana

Pengertian Strategi Pemasaran

Menurut (Prof. Dr. Sofjan Assauri, 2021) strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu kewaktu, dengan masing-masing tingkatan, acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam memenuhi lingkungan dan keadaaan persaingan yang selalu berubah.

Menurut Kurz (2021) pengertian strategi pemasaran ialah keseluruhan program perusahaan dalam menetapkan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membentuk kombinasi elemen dari marketing mix, produk, distribusi, dan harga.

Berdasarkan definisi diatas dapat dinyatakan bahwa strategi pemasaran merupakan suatu rencana (plan) perusahaan guna memperkenalkan sebuah brand dalam mencapai target pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun