Pada tahapan di Sekolah Dasar, kemampuan anak-anak akan mulai berkembang. Maka pendidikan dasar sangat penting untuk membentuk atau memberikan landasan awal dalam memperoleh keterampilan yang komplek di masa depan atau di masa yang akan datang. Siswa sekolah dasar akan mulai responsive terhadap informasi maka orang tua harus terlibat dalam proses pembelajaran anaknya di sekolah atau di rumah. Oleh karena itu, melalui pendidikan yang berkualitas diperlukan untuk memastikan perkembangan belajar siswa berjalan sesuai tahap pendidikannya. Hal ini akan menjadi dasar untuk masa depannya. Kualitas pendidikan yang diterima sejak dini, melalui tugas di sekolah atau pengajaran dari orang tua. Pengembangan keterampilan dan karier sebaiknya dimulai saat berasa di sekolah dasar. Karena siswa sekolah dasar suka bekerja sama dalam kelompok untuk memperluas keterampilan hidup dan karir serta siswa dapat berinteraksi dengan baik. Namun, siswa juga akan menghadapi tantangan perkembangan sosial. Oleh karean itu, perlu mengajarkan keterampilan hidup dan karir kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial di lingkungan sekitar.
Pada zaman dahulu, pengembangan perencanaan karir sering dianggap hanya berkaitan dengan orang sudah dewasa saja yang sedang mencari atau memilih pekerjaan. Namun, saat ini konsep pengembangan perencanaan karir berubah seiring berjalanannya waktu serta zaman yang sudah maju dan berkembang. Karir bukan hanya pekerjaan tetapi merupakan proses pengembangan minat dan potensi diri yang dimulai sejak tingkat dasar. Hal ini untuk mempersiapkan karir siswa di sekolah dasar yang penting untuk memperhatikan tentang minat, aspirasi dan bakat siswa terhadap pilihan karir di masa depan. Pada masa sekarang ini, siswa seringkali dipengaruhi oleh orang disekitarnya, seperti teman, kerabat, atau keluarga bahkan melalui media yang sangat mudah diakses oleh siswa sekarang. Mudah terpengaruh membawa siswa sering tidak konsisten untuk melakukan dan menentukan sesuatu hal. Sedangkan, jika ingin mencapai sesuatu hal maka harus konsisten.
Bimbingan karir yang dimulai pada tingkat Sekolah Dasar dengan memberikan pemahaman dasar tentang perencanaan pilihan karir. Hal ini menjadi bagian yang cukup penting dari program bimbingan dan konseling di tingkat dasar. Peran Bimbingan dan Konseling dalam membantu menentukan arah masa depan siswa Sekolah Dasar menjadi perhatian. Di tingkat Sekolah Dasar, layanan bimbingan konseling masih terbatas. Karena tidak atau belum adanya guru atau konselor bimbingan dan konseling. Namun, guru kelas bisa memiliki tanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan konseling, termasuk juga dalam memberikan materi pelajaran dan menyediakan layanan bimbingan konseling untuk siswa. Suatu masalah tidak hanya diselesaikan oleh guru kelas dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling, terutama yang berkaitan dengan bimbingan perencanaan karir. Oleh karena itu, di tingkat Sekolah Dasar adanya profesional dalam bimbingan dan konseling tetap diperlukan. Dengan demikian, Bimbingan dan Konseling menjadi elemen penting dalam struktur sekolah, khususnya di tingkat Sekolah Dasar untuk mendukung dan membantu guru kelas dalam mengatasi tantangan yang dihadapi siswa serta membantu mengembangkan potensi siswa.
Jumlah konselor di Sekolah Dasar masih terbatas, pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk memberdayakan siswa belum diterapkan secara luas pada tingkat ini. Jika ada program Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah Dasar, fokus utamanya adalah pada pengembangan diri siswa. Pada bimbingan karir sangat penting bagi masa depan siswa, karena melibatkan tahapan perkembangan dilalui siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas perkembangan dari fase ke fase berikutnya. Oleh karena itu, bimbingan karir seharusnya diberikan sejak sekolah dasar. Diharapkan guru bimbingan dan konseling memiliki kemampuan penuh untuk melaksanakan kegiatan Bimbingan Karir pada siswa sekolah dasar.
Layanan informasi dan bimbingan konseling dapat menjadi alat yang efektif unruk membantu siswa mendapatkan informasi tentang karir. Namun, penting untuk memastikan bahwa layanan ini tidak hanya memberikan secara umum saja, tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Guru bisa menggunakan pendekatan yang penting dalam membentuk pemahaman karir siswa. Selain itu juga perlu mempertimbangkan factor eksternal seperti keluarga dan lingkungan juga faktor internal seperti minat dan bakat yang dimiliki siswa yang perlu diperhatikan. Dengan demikan, siswa akan memiliki pemahaman yang baik tentang dirinya serta pilihan karir yang sesuai dengan keinginannya.
Selain itu, pentingnya penggunaan media atau teknologi yang efektif dapat membantu dalam menyampaikan informasi karir kepada siswa. Papan bimbingan menjadi salah satu alat yang efektif membantu siswa memahami perencanaa karir, kompetensi yang diperlukan, prospek karir yang ditentukan di masa depan dan dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan. Selain itu diperlukan juga mempertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti budaya industr dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat memperngaruhi karir seseorang. Oleh karena itu, melalui pendekatan dalam memberikan informasi karir pada siswa harus diperhatikan tidak hanya aspek individu saja, tetapi juga faktor eksternal yang mempengaruhi pandangan tentang dunia karir.
Terkait dengan teknologi menekankan pentingya inovasi dalam bimbingan perencanaan karir. Berbagai teknologi dan media inovatif dapat digunakan dalam pengembangan karir. Salah satunya adalah dengan menghubungkan layanan bimbingan dan konseling ke dalam kurikulum pembelajaran di sekolah. Guru dan konselor dapat meninjau, merencanakan fokus pada karir untuk memasukan atau menghubungkan materi tentang pengenalan diri dan berbagai pilihan karir pada topik pembelajaran. Selain itu bisa melalui suatu kelompok yang melibatkan guru atau konselor dalam aktivitas bersama, seperti layanan bimbingan dan kelompok, pembelajaran yang berbasis masalah atau bahkan kegiatan yang dilalukan di dalam atau di luar kelas. Bahkan dengan teknologi atau media juga bisa untuk digunakan dalam bimbingan perencanaan karir. Di zaman sekarang yang sudah berkembang dan maju, masayarakat banyak yang mengandalkan teknologi seperti media visual, media audio, internet, komputer, smartphone yang dimanfaatkan sebagai alat bimbingan perencanaan karir.
Dengan memanfaatkan teknologi dan media inovatif melalui peran guru dan konselor bimbingan dan konseling diharapkan kesadaran terhadap karir dapat meningkat sehingga generasi saat ini memiliki persiapan karir yang matang dan siap bersaing di masa depan. Hal ini menekankan pentingnya menggunakan pendekatan yang memberikan bimbingan perencanaan karir kepada siswa sekolah dasar. Tujuannya agar siswa dapat menghadapi perubahahan serta tantangan karir di era yang terus berkembang. Kesimpulannya, untuk mendukung perkembangan karir siswa, dibutuhkan dukungan dari guru bimbingan dan konseling melalui layanan yang berikan. Hal ini dapat tercapai jika guru bimbingan dan konseling berhasil menjalankan program yang berkaitan dengan perannya untuk membentuk pemahaman karir siswa Sekolah Dasar. Layanan informasi dan bimbingan konseling yang disediakan oleh guru atau sekolahh juga dapat mempengaruhi pemahaman siswa tentang pilihan karir yang ada. Selain itu, guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat mengimplementasikan inovasi dalam bimbingan karir untuk membantu pengembangan karir siswa sekolah dasar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H