Mohon tunggu...
Pradita Hasana
Pradita Hasana Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN VETERAN JAWA TIMUR

Membaca Novel dan Mendengarkan lagu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Belajar Desain, Program Studi Independen Kampus Merdeka Sebagai UI/UX Designer

14 Desember 2022   01:19 Diperbarui: 14 Desember 2022   01:23 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pradita Hasana Risky. Kredit foto : Pradita Hasana Risky

Pradita Hasana Risky (21), program kampus merdeka memberikan  kesempatan bagi mahasiswa memperoleh pengetahuan tidak hanya dari bangku perkuliahan tapi juga dari beberapa program yang bisa dilakukan di luar kampus. Mahasiswa dari seluruh kampus di Indonesia diharapkan mampu memanfaatkan dan memaksimalkan program ini. 

Saya merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur yang saat ini sedang mengikuti kegiatan belajar pada program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB). MSIB merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka yang menjadi salah satu kebijakan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Saat ini saya menempuh program MSIB pada PT. Dwi Inti Putra.

Tahapan yang saya lakukan untuk mengikuti program studi independen adalah mengikuti seleksi pada Mitra MyEduSolve. Proses seleksi yang saya lakukan adalah Seleksi Administrasi, Seleksi Tulis dan Seleksi Toefl. Dalam proses seleksi terdapat 5 pathway yang ada di MyEduSolve yaitu Data Analyst, Data Scientist, UI/UX Designer, IOS Developer, dan VR Game Developer. Saya memilih pathway UI/UX Designer karena tertarik untuk mempelajari desain aplikasi dan website.

Kegiatan yang saya lakukan sendiri kurang lebih berjalan selama 5 bulan berbasis online meeting. Program yang saya sedang jalankan ini dapat dilakukan konversi setara 20 SKS perkuliahan. Saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru selama 5 bulan mengikuti program studi independen. Di MyEduSolve tidak hanya mendapatkan ilmu desain tapi juga ada kegiatan karir mentoring yang berguna untuk mempersiapkan karir kita di masa depan.

Di akhir kegiatan kita diberikan tugas akhir secara berkelompok sebagai bahan penilaian. Tugas akhir ini dipresentasikan kepada start-up yang bersangkutan dan dibimbing langsung oleh mentor dari MyEduSolve. Saya memilih start-up Ruang& sebagai client dan diberikan tugas untuk membuat website Ruang&Agro. Selama proses pengerjaan tugas akhir banyak sekali manfaat yang saya dapatkan salah satunya adalah kesempatan untuk mengasah hardskill dan softskill.

Kegiatan MSIB di MyEduSolve. Kredit foto : Pradita Hasana Risky
Kegiatan MSIB di MyEduSolve. Kredit foto : Pradita Hasana Risky

Saya berharap rangkaian program Kampus Merdeka ini bisa berjalan dengan lebih baik dan bisa menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan hardskill dan softskill serta menambah pengalaman dan relasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun