PEREKONOMIAN INDONESIA TERPENGARUH OLEH PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL
Media sosial adalah platform digital yang memungkinkan penggunanya terlibat dalam interaksi sosial yang interaktif atau dua arah. Berbasis teknologi internet, media sosial dapat mengubah cara penyebaran informasi dari yang sebelumnya bersifat satu arah menjadi dua arah. Oleh karena itu, pemasaran melalui media sosial saat ini sangat penting bagi perusahaan karena pelanggannya telah menggunakan platform ini untuk berbagai tujuan, seperti bersosialisasi, mencari informasi, dan berbagi informasi.
Toko online yang dapat diakses melalui media internet, sudah menjamur di Indonesia dan sudah sangat dikenal oleh khalayak ramai. Online Shop telah dianggap masyarakat Indonesia sebagai salah satu pusat perbelanjaan baru karena kemudahan berbelanja dan berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan. Akibatnya, banyak penjual Online Shop berlomba-lomba menawarkan produk mereka dengan berbagai cara untuk menarik pelanggan, memanfaatkan keadaan dimana online shopping masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.
Branding menjadi sangat penting dalam integrasi marketing. Semakin kuat sebuah brand, semakin baik bisnisnya. Ini juga dilakukan dengan berbagai macam media, terutama media sosial, dan afiliasi marketing, yang seringkali dilewatkan oleh bisnis kecil dan menengah.
Salah satu strategi pemasaran digital yang digunakan oleh pemilik produk adalah afiliasi marketing, yang merupakan sistem upah berbasis komisi yang diberikan oleh pemilik produk kepada individu yang berhasil mempromosikan produk mereka kepada orang lain (Penjual 2024).
Media sosial tidak hanya gratis untuk digunakan oleh pemasar untuk memasarkan barang dan jasa, tetapi juga berguna untuk mendengarkan keluhan dan rekomendasi pelanggan. Selain itu, media sosial membuatnya mudah bagi pemasar untuk mengidentifikasi pelanggan berdasarkan kelompok yang dapat memengaruhi pandangan mereka tentang merek. Selain itu, media sosial dapat digunakan tanpa biaya.
Peran UMKM dalam perekonomian nasional sangat penting dan strategis.
Karena UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia, kondisi ini sangat mungkin terjadi. Bisnis mikro dan kecil setelah krisis ekonomi terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini juga menunjukkan bahwa usaha kecil dan menengah (UMKM) dapat bertahan selama krisis ekonomi. Selain itu, terbukti bahwa UMKM memainkan peran yang lebih besar dalam perekonomian nasional. Sektor mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu meningkatkan pendapatan masyarakat karena banyaknya pekerja yang terserap. Oleh karena itu, UMKM dianggap memiliki peran strategis dalam menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan. Sehubungan dengan kontribusi dan peran UMKM, penting bagi pemerintah untuk terus mendukung UMKM melalui penguatan sehingga mereka dapat memainkan peran mereka sebagai pilar dalam pembangunan ekonomi nasional secara efektif (Novansyah 2023).
Â
DAFTAR PUSTAKA
Novansyah, Fadlilah Adi. 2023. "Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran." Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 4(1): 34--38. doi:10.36379/shine.v4i1.251.
Penjual, Afiliasi. 2024. "PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN AFILIASI PENJUAL TERHADAP." 18(1): 109--17.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H