Mohon tunggu...
Pradhiya Kurnen V
Pradhiya Kurnen V Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi dari Universitasi Muhammadiyah Yogyakarta Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Seorang Mahasiswi yang memiliki kesukaan jalan-jalan keluar kota untuk menjelajahi keistimewaan kota lain dan memiliki minuman favorit yakni coffee dengan saus caramel. Saya mahasiswi yang melakukan pulang pergi kampus dengan jarak tempuh 6 kilometer dengan waktu 20 menit itu pun kalau tidak macet. Dengan melakukan pulang pergi sejauh itu saya menjadi tahu usaha yang besar untuk mendapatkan sebuah pembelajaran yang kelak berguna pada saat kerja nanti, dapat mengatur waktu atau memanfaatkan yang dimiliki dengan tepat karena waktu itu penting dan melatih kesabaran emosional ketika di dalam perjalanan serta cuaca sedang tidak mendukung.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Alasan Penting Usaha Mikro Kecil dan Menengah Diharuskan Go Digital

24 Mei 2023   05:26 Diperbarui: 24 Mei 2023   05:22 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berikut alasan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah ) harus go digital.

  • Pertama, Go Digital dapat membantu usaha mikro kecil menengah menjangkau pasar yang lebih luas.

Alasan pertama dengan memanfaatkan adanya digital bagi pelaku usaha mikro kecil menengah dapat memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sejak awal mula usaha bisa menjadi kendala utama bagi bisnis kecil. Namun, saat ini hal tersebut sudah bisa diminimalkan karena adanya sosial media serta website  atau pun internet yang jangkauan pemasarannya bisa menembus  ke dunia luas.

  • Kedua, UMKM membutuhkan branding yang kreatif untuk bersaing dengan bisnis lain.

Alasan kedua UMKM dapat memperkenalkan usahanya ke konsumen dengan menampilkan iklan dan branding di social media atau pun internet. Agar dapat bersaing dengan bisnis lain.

  • Ketiga, Go digital dapat membantu UMKM meningkatkan produk dan layanan.

Alasan ketiga yaitu dengan Go digital, pelaku UMKM dapat mendapatkan inspirasi tentang kualitas produk dan layanan yang bagus sesuai dengan perkembangannya.

  • Keempat, Go digital dapat membantu UMKM untuk bisa meminimalkan biaya operasional

Alasan keempat dengan menggunakan Go digital pelaku UMKM dapat mengurangi biaya operasional seperti sewa kios dan pemasaran offline tentu sangat memberatkan. Dengan Go digital pelaku UMKM bisa menghemat modal karena tidak harus memiliki toko fisik agar produk bisa dikenal. Karena saat ini website dan sosial media sudah bisa menjadi tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian. Biaya operasional dan pembuatan website sekarang terjangkaudan menyisihkan uang tersebut untuk kebutuhan penting lainnya.

  • Kelima, Go digital dapat meminimalkan menurunnya jumlah pelanggan

Menurunnya target pasar karena adanya kecenderungan pelanggan yang mulai nyaman dengan lingkungan digital yang semakin canggih ini. Sekarang dari jasa transportasi, pesan makanan secara, transaksi, hingga belanja kebutuhan bisa diakses secara online yang lebih efisiensi dan efektif.

  • Keenam, Perkembangan pengguna sosial media atau internet yang semakin banyak.

Banyak pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Pelaku UMKM harus mengikuti pertumbuhan sosial media atau pun internet agar tidak tertinggal dengan peluang baru yang lebih bagus untuk meningkatkan usahanya.

  • Ketujuh, Dengan Go digital UMKM Menjadi Lebih Profesional.

Dengan Go digital, UMKM berpotensi memiliki lebih banyak pelanggan, tapi juga mulai memulai persaingan baru di ranah industri modern atau mengikuti perkembangannya. Sebuah usaha akan mendapatkan nilai lebih dari pelanggan jika sudah memiliki akun sosial media dan website sebagai media pemasaran serta mudah untuk mencari informasi tentang produk atau jasa yang pelanggan cari.

  • Kedelapan, Go digital mengalami pertumbuhan yang cepat.

Pelaku UMKM harus mengetahui bahwa kecepatan penyebaran informasi sekarang menjadi kunci dalam bisnis digital, dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal maka jumlah orang yang melihat produk dipastikan bakal lebih banyak dan lebih beragam. Maka penjualan bisa semakin besar dan meningkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun