Digital marketing atau pemasaran digital adalah sebuah pemasaran yang dilakukan melalui internet atau media online. Digital marketing menurut Coviello, Milley and Marcolin (2001:26) adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi. Menurut Kotler dan Keller (2016), digital marketing merupakan aktivitas promosi yang dilakukan untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital).
Pemasaran digital penting untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) atau usaha kecil dan menengah. Ini dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan menghemat biaya promosi.Â
Pemasaran digital memungkinkan UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi langsung dengan pelanggan, dan menargetkan demografi, gaya hidup, dan kebiasaan tertentu. Ini adalah cara yang efektif untuk beradaptasi dengan tantangan COVID-19 dan tetap kompetitif di pasar. Ada banyak strategi yang bisa digunakan UMKM untuk menerapkan digital marketing, seperti social media marketing, email marketing, search engine optimization, dan content marketing.
Seiring berkembangnya bisnis saat ini, tantangan dan persaingan semakin tajam dalam merebut pangsa pasar, maka pelaku usaha dituntut untuk dapat memberdayakan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien agar memiliki keunggulan kompetitif.
Teknologi internet merupakan instrumen yang dapat mempromosikan bisnis secara efektif dan efisien dan membantu keberlanjutan bisnis karena memungkinkan bisnis untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan ini dilakukan dengan cepat.Â
Selama covid-19 pandemi, penerapan pemasaran berbasis digital menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah tersebut larangan bertemu langsung dengan konsumen. Pemasaran digital yang responsif telah memungkinkan UMKM untuk beradaptasi secara fleksibel dengan pelanggan permintaan, termasuk memungkinkan UMKM untuk mempromosikan produk mereka secara online.
Kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang semakin kompleks, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran untuk mendukung aktivitas bisnis serta mempermudah dan memperkuat fungsi komunikasi kepada publik.Â
Manfaat pemasaran digital bagi perusahaan dan UMKM antara lain adalah dapat terhubung dengan mudah dengan konsumen secara online, konversi penjualan yang lebih tinggi bagi konsumen tertarget, biaya pemasaran yang lebih hemat, dapat melayani konsumen secara tepat waktu dan potensi peningkatan daya jual bagi UMKM (Brian, 2019).
Minimnya pengetahuan pemilik UMKM mengenai digital marketing. Jika UMKM memahami pentingnya digital marketing bagi peluang bisnis usaha, diharapkan mereka akan memiliki motivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana promosi untuk mengembangkan bisnisnya.
Berikut cara membuat strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu:
- Pertama, tentukan tujuan utama dari strategi tersebut, seperti meningkatkan penjualan atau brand awareness.
- Kedua, mengidentifikasi target pelanggan  dan kebiasaan, dan kebutuhan mereka.
- Ketiga, memilih saluran pemasaran digital yang sesuai, seperti media sosial, email, atau mesin pencari, berdasarkan target audiens dan tujuan.
- Keempat, buat konten yang menarik dan relevan yang sesuai dengan audiens target dan mempromosikan merek.
- Kelima, ukur dan analisis hasil dari strategi tersebut, seperti lalu lintas situs web, tingkat konversi, dan umpan balik pelanggan, dan sesuaikan strategi tersebut.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, UMKM dapat mengembangkan strategi pemasaran digital yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan spesifik mereka, serta dapat membantu mereka mengembangkan bisnis dan tetap kompetitif di pasar.