Masih megenai topik public relations, pada sesi diskusi kali ini saya ini inggin mengajak berdiskusi mengenai manajemen krisis.
Manajemen krisis dapat diartikan suatu bentuk respon dan upaya dalam menyikapi serta memecahkan masalah dari krisis yang muncul melalui strategi manajemen krisis yang mungkin untuk dilakukan.
Tahapan krisis sendindiri dibagi menjadi 4 yaitu:
- Tahap Prodromal
- Tahap Akut
- Tahap Kronis
- Tahap Resolusi
Manajemen krisis dapat terjadi jika tidak melakukan audit yang ketat, tidak memiliki perencanaan, tidak ada simulan krisis, komunikasi internal dan eksternal tidak efektif, memperlakukan media seperti musuh, serta mengabaikan krisis dan tidak melakukan evaluasi setelah krisis.
Dari hal tersebut, adapun peran PR dalam manajemen krisis diantaranya:
- Menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat
- Menjabarkan misi perusahaan lewat company profile
- Menggunakan pres untuk publisitas
- Meluncurkan opini lewat public figure, dan sejumpah peran lainya
Sekian sesi diskusi dari saya sampai jumpa pada sesi diskusi selanjutnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H