Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mensyaratkan agar guru mempunyai standar kompetensi yang memadai untuk melaksanakan tugasnya. Hanya guru yang berkompetensi saja yang berhak memiliki sertifikat sebagai guru profesional beserta kemudahan-kemudahan yang mengiringinya.
Menurut Asril (2017:91) Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan satu kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang meliputi praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan.Program pengalaman lapangan pada hakikatnya adalah memberikan wadah kepada calon guru atau pendidik untuk mencoba mengimplementasikan kegiatan pembelajaran di ruang kelas sesungguhnya dengan tidak terlepas pendampingan oleh guru pamong atau dosen pembimbing.
Program studi pendidikan ekonomi merupakan salah satu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pamulang yang berada di bawah binaan Yayasan Sasmita Jaya. Salah satu visi Prodi Pendidikan Ekonomi adalah menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang ekonomi dan bisnis yang profesional, inovatif dan produktif yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menunjang pembangunan nasional dalam bidang kependidikan. Dengan itu Prodi Pendidikan sebagai salah satu Prodi yang menyiapkan tenaga kependidikan dan keguruan profesional yang mewajibkan mahasiswanya menempuh sejumlah kompeten program pendidikan yang diselenggarakan diantaranya berupa Praktik Pengalaman Lapangan. Â
Kegiatan PPL ini dilaksanakan dengan maksud agar calon pendidik lebih terlatih serta dapat dibekali keterampilan yang memadai dan untuk menyiapkan calon guru yang professional, kompeten, dan berdaya saing tinggi. Dengan adanya PPL ini mahasiswa dapat mempraktikan secara langsung mengenai ilmu yang telah diajarkan di dunia perkuliahan tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Kegiatan inti dalam PPL ini berupa pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan dalam proses pembelajaran secara utuh dan terintegrasi yang kesemuanya itu telah didapatkan atau dibentuk dalam program kuliah.
Selain itu praktik pengalaman lapanagan (PPL) juga dapat menambah wawasaan mahasiswa dalam dunia pendidikan dan melatih mental mahasiswa untuk menjadi guru yang profesional dan kompeten. Dengan demikian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu program mata kuliah, proses belajar mengajar yang diprasyaratkan dalam fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dalam rangka pembentukan guru yang berprofesional dimana guru yang profesional dan berkopeten harus memiliki 4 kompetensi yang diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial, kompetensi tersebut dirumuskan sesuai dengan amanat undang-undang guru dan dosen No.14 tahun 2005. Â
Berdasarkan hal tersebut maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Ekonomi Universitas Pamulang menjadikan PPL sebagai mata kuliah yang wajib dilaksanakan mahasiswa Program studi S1. PPL dilaksanakan secara terprogram, terpadu, dan terbimbing melalui kegiatan magang di sekolah bagi mahasiswa pendidikan. Program penyelenggaraan berupa praktik langsung di sekolah selama 2-3 bulan. Â
Secara umum PPL ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan profesionalitas keguruan atau tenaga pendidik. Secara khsus PPL Â bertujuan agar calon guru mampu untuk :
1. Untuk menerapkan teori yang dipelajari di bangku perkuliahan
2. Untuk Membentuk mahasiswa paktikan agar menjadi calon tenaga pendidik yang profesional sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
3. Untuk Latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PPL, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik.
4. Untuk Agar mahasiswa memiliki pengalaman baru dalam mengajar secara langsung
5. Untuk Agar mahasiswa dapat mengembangkan RPP, media pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar serta perangkat evaluasi.
6. Untuk membentuk pribadi calon pendidik yang mempunyai seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta pola tingka laku yang diperlukan bagi guru dalam menjalankan profesinya.
Praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilakukan di SMKS Al-Hidayah Cinere terdiri dari beberapa tahapan, dimulai dengan pembekalan mengenai tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pemantapan yang dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) siap saat terjun secara langsung ke tempat praktik. Pembekalan dilakukan dengan pemberian materi menganai pembangunan kurikulum, perencanaan pengajaran, keterampilan dasar mengajar serta strategi belajar dan mengajar, evaluasi dan media pembelajaran. Selanjutnya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 yaitu observasi yang dilakukan di SMKS Al-Hidayah Cinere yang terkait dengan kurikulum, program tahunan, program smester, struktur oranisasi, jadwal mengajar, jadwal piket, kondisi kelas, dan siswanya serta sarana dan prasarana yang ada di lingkungan SMKS Al-Hidayah Cinere.Â
Tahap berikutnya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahap 2 dimulai dengan penerjunan dan pelepasan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu kegitan penyerahan secara resmi dari pihak kampus yang diwakili oleh dosen pembimbing terhadap pihak sekolah SMKS Al-Hidayah Cinere. Tahap selanjutnya yaitu proses penarikan dan penjemputan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilkukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus.
Program praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada periode 22 Agustus s/d 22 November 2023 di sekolah SMK Al-Hidayah Cinere selama praktik kurang lebih 3 bulan lamanya tentu menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa untuk menjadi guru yang baik dan professional di masa yang akan mendatang. Dalam menjalankan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tetunya mahasiswa mengalami faktor-faktor pendukung dan juga kendala dalam pelaksanaannya.
Semoga setelah dilaksanakannya kegaiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini diharapkan nantinya dapat dijadikan acuan untuk menjadi tenaga pendidik dimasa depan  yang mumpuni, profesional, dan berkompeten serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.