Mohon tunggu...
PPK Ormawa PK IMM Farmasi 2024
PPK Ormawa PK IMM Farmasi 2024 Mohon Tunggu... Lainnya - PPK Ormawa PK IMM Farmasi

PPK Ormawa IMM Farmasi merupakan kegiatan dari PK IMM Farmasi dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Dalam PPK Ormawa terdapat topik yang bisa diambil untuk dijadikan program selanjutnya, dan kami memilih topik Desa Kewirausahaan, dimana adalah serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk mengangkat potensi wilayah yang mampu menggerakan perekonomian desa. Desa yang kami usulkan adalah Desa Kalisari. Alasan kami memilih desa tersebut adalah Desa Kaalisari memiliki potensi besar pada pangan, salah satunya yang paling menonjol adalah Tahu. Banyaknya Tahu didesa akan tetapi kurangnya pengetahuan untuk mengembangkan potensi pengolahan ampas tahu disana membuat kami ingin mengembangkan komoditas ampas tahu menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi sehingga diharapkanya bisa menjadi jembatan untuk Desa Kalisari lebih maju dan mandiri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

SOY Scrub Menjadi Sorotan dalam Bazar Cakrawala Bumiayu dan Pelantikan Muslimat NU Cilongok

9 Agustus 2024   11:32 Diperbarui: 9 Agustus 2024   13:06 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama pengunjung di Cakrawala Bumiayu./dokpri

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Farmasi UMP telah berpartisipasi dalam kegiatan "Cakrawala Bumiayu" dan bazar yang diadakan pada acara pelantikan NU. Pada acara Cakrawala Bumiayu diadakan pada hari Senin-Selasa, 29-30 Juli 2024 yang bertempat di Lapangan Asri Bumiayu sedangkan bazar pelantikan NU diadakan pada hari Minggu, 4 Agustus 2024 bertempat di Lapangan Cilongok. Target dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan, mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang telah dibuat oleh Tim PPK-O PK IMM Farmasi.

Pada Senin-Selasa, (29-30/08/2024) Tim PPK Ormawa PK IMM Farmasi berpartisipasi dalam acara yang digelar oleh Cakrawala Bumiayu. Stand dibuka dimulai pukul 17.00-22.00 WIB. Pada acara ini, TIM PPK-O PK IMM Farmasi memperkenalkan serta mempromosikan produk-produk dari Tim PPK-O PK IMM Farmasi yaitu SOY Scrub, SOYkiez, dan SOYbar. Produk SOY Scrub terjual lebih banyak dibandingkan dengan produk lainnya. Konsumen mengatakan produk SOY Scrub ini merupakan inovasi baru yang kreatif dan berpotensi ekonomi tinggi sebagai pemanfaatan ampas tahu.

Seorang pengunjung sedang mencoba SOY Scrub/dokpri
Seorang pengunjung sedang mencoba SOY Scrub/dokpri

Respon dari pembeli produk SOY Scrub yang telah mencoba testernya mengatakan, "scrub-nya memiliki aroma yang wangi, rasanya dingin dan kulit jadi lembab." ujar Apri (pembeli SOY Scrub).  

Selain Cakrawala Bumiayu, pada Minggu, (4/08/2024) Tim PPK Ormawa PK IMM Farmasi berpartisipasi dalam sebuah bazar yang digelar di Lapangan Cilongok yang merupakan acara pelantikan muslimat NU. Acara tersebut dihadiri oleh warga sekitar dan warga yang datang dari jauh yang tergabung ke dalam ranting pengurus NU. Selain acara inti, di sekitar panggung dan podium peserta terdapat beberapa stand pedagang yang mengelilinginya.

Stand Tim PPK-O PK IMM Farmasi dan PKK Kalisari dengan Bu Elly./dokpri
Stand Tim PPK-O PK IMM Farmasi dan PKK Kalisari dengan Bu Elly./dokpri

Tim PPK Ormawa PK IMM Farmasi membuka stand di salah satu sisi, berbagi stand dengan Kader PKK Desa Kalisari Cilongok yang diketuai oleh Ibu Elly yang juga merupakan ketua Kelompok PECINTA (Pemuda Cinta Tahu).Banyak pengunjung acara yang berkunjung ke stand PPK Ormawa PK IMM Farmasi dan stand milik kader PKK Desa Kalisari. Produk yang paling banyak terjual pada bazar kali ini yaitu SOY Scrub, disusul dengan SOYbar dan Nugget Ampas Tahu.

Produk-produk dari Tim PPK-O PK IMM Farmasi dan Ibu-Ibu PKK Desa Kalisari yang dijajakan./dokpri
Produk-produk dari Tim PPK-O PK IMM Farmasi dan Ibu-Ibu PKK Desa Kalisari yang dijajakan./dokpri

Dengan diselenggarakannya bazar ini, warga Desa Kalisari dan Kelompok PECINTA melihat peluang akan meningkatnya ekonomi hasil pemanfaatan ampas tahu menjadi produk-produk yang laris terjual pada bazar ini. Keberlanjutan program ini dapat direncanakan salah satunya dengan berpartisipasi dalam kegiatan bazar seperti ini di lain waktu. Dengan berpartisipasinya Tim PPK-O PK IMM Farmasi pada acara-acara bazaar kali ini, mereka mendapatkan pelajaran mengenai strategi-strategi penjualan, feedback konsumen, dan peningkatan Brand Awareness.

Tim PPK-O PK IMM Farmasi sedang berfoto dengan pengunjung bazaar./dokpri
Tim PPK-O PK IMM Farmasi sedang berfoto dengan pengunjung bazaar./dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun