Mohon tunggu...
Asih Rusmilaeni
Asih Rusmilaeni Mohon Tunggu... Guru - Pecinta senja dan sedang belajar menulis

Jadilah hebat tapi tak merasa hebat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tugas 1.2.E Tentang Trapesium Usia Calon Guru Penggerak Angkatan 10

2 April 2024   22:42 Diperbarui: 2 April 2024   23:19 458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                             

      SELISIH ANGKA DARI SAAT INI DENGAN KEJADIAN ITU ADALAH :

  • PERISTIWA 1 ADALAH 28 TAHUN
  • PERISTIWA 2 ADALAH 25 TAHUN

TUGAS 1. REFLEKSI

  • Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
  • Jawab :
  • Peristiwa positif saat SMP kelas 1 juara lomba kultum.Dari sejak saat itu tingkat keberanian dan percaya diri untuk tampil meningkat drastis.
  • Peristiwa negative saat SMA kelas 2 di hukum disuruh lari muterin stadion karena sama guru tersebut dituduh ngobrol saat lari yang sebelumnya. Padahal karena ada temen kepalanya pusing dan baru bilang kalua pusing.Tanpa dimintai penjelasan langsungb di hukum.

  • Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
  • Jawab :
  • Peristiwa 1 teman yang menjadi juara 2 dan 2 di lomba kultum tersebut
  • Guru dan teman yang bilang pusing.

  • Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
  • Jawab :
  • Peristiwa 1 : Senang
  • Peristiwa 2 : Marah karena dituduh, malu karena ditonton semua teman-teman dari tribun pinggir stadion


  • Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
  • Jawab :
  • Karena apa yang terjadi dengan kita dimasa lalu kenangannya akan tetap ada, tidak bisa hilang meskipun waktu sudah berganti, dan tempat sudah berpindah

  • Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
  • Jawab :
  • Saya ingin bisa mengukir kenangan yang indah di benak murid saya, tidak menyakiti mereka baik secara fisik, verbal maupun yang lainnya

  • Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?
  • " Guru benar- benar memiliki peran yang sangat besar bagi seorang murid. Murid akan dapat belajar banyak hal tentang makna kehidupan dari seorang guru yang bisa dijadikan tauladan bagi murid"







TUGAS 2.

Tugas 2. Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

  • Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
  • Jawab : nilai semangat, pantang menyerah, suka belajar, dan menyukai hal-hal baru. Selalu menjadikan tantangan sebagai sesuatu yang harus ditaklukan

  • Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
  • Jawab : Mendampingi OSIS dalam event-event baik di sekolah maupun eksplore di luar sekolah, memberikan bantuan jika ada aplikasi baru dan kebetulan saya sudah bisa.Saya berusaha menjalin komunikasi yang bagus dengan semua komunitas di sekolah saya.

  

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun