Perkembangan teknologi informasi hingga saat ini masih terus berlangsung. Berbagai kegiatan bisnis kecil sampai besar memanfaatkan perkembangan ini untuk menjalankan usahanya. Persaingan kompetitor menjadi pertimbangan bagi para pengusaha sangat ketat. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan dapat meningkat. Salah satunya adalah memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan segala jenis produk yang bisa dijual.
Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Seperti halnya yang saat ini sedang dilakukan oleh Pak Karyono dalam memasarkan hasil industri rumahannya berupa aneka olahan produk Mangrove dengan nama dagang “Somano”. Namun Pak Karyono mengeluhkan penjualan produk olahan Mangrovenya mengalami penurunan yang sangat drastis sehingga beliau ingin mendalami lebih jauh lagi terkait strategi digital marketing yang dapat dilakukan guna meningkatkan penjualan produk olahan Mangrovenya.
Bermula dari keluhan tersebut mahasiswa PPG Prajabatan program studi Kuliner, Universitas Negeri Surabaya angkatan 2023 gelombang 1 berupaya memberi solusi yang dapat meningkatkan pemahaman terkait strategi pemasaran online usaha olahan mangrove. Solusi yang diberikan berupa mengadakan kegiatan penyuluhan digital marketing pada komunitas olahan Mangrove di Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya.
Kegiatan penyuluhan digital marketing ini dihadiri oleh perangkat desa Bapak Hadi selaku selaku perwakilan RW, Bapak Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd atau lebih akrab disapa pak Doni selaku Dosen kami juga sekaligus pemateri pada acara kali ini, warga sekitar dan anggota komunitas olahan Mangrove. Acara yang diadakan ini bermaksud untuk memberi wawasan lebih pada warga dan komunitas untuk proses kemajuan pemasaran produk di waktu mendatang.
Selain itu kami mahasiswa PPG kuliner gelombang 1 UNESA tahun 2023 bersama dengan Pak Doni mengharapkan UMKM Surabaya berupa produk olahan mangrove ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai produk khas olahan daerah Mangrove di Surabaya.
Serangkaian acara penyuluhan ini diikuti masyarakat dengan penuh antusias dan rasa ingin tahu yang lebih jauh lagi terkait strategi pemasaran produk dalam bentuk digital. Adapun kegiatan yang menarik perhatian masyarakat adalah masyarakat dibimbing untuk membuat desain produk dengan media aplikasi canva untuk mencurahkan segala ide desain kemasan makanan.
Kemasan makanan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen selain isi dari produk olahan mangrove yang terbilang unik. Unik dalam artian belum banyak pemanfaatan olahan buah mangrove yang diperjualbelikan.