Mohon tunggu...
PPG Prajabatan Kuliner
PPG Prajabatan Kuliner Mohon Tunggu... Guru - Calon Guru Profesional di Bidang Kuliner

Akun milik Mahasiswa PPG Prajabatan Kuliner UNESA Gelombang 1 Tahun 2023.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimalkan Pemasaran Online Produk Olahan Mangrove "Somano" oleh Mahasiswa PPG Prajabatan Kuliner

27 Mei 2024   16:50 Diperbarui: 27 Mei 2024   16:56 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi informasi hingga saat ini masih terus berlangsung. Berbagai kegiatan bisnis kecil sampai besar memanfaatkan perkembangan ini untuk menjalankan usahanya. Persaingan kompetitor menjadi pertimbangan bagi para pengusaha sangat ketat. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan dapat meningkat. Salah satunya adalah memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan segala jenis produk yang bisa dijual. 

Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Seperti halnya yang saat ini sedang dilakukan oleh Pak Karyono dalam memasarkan hasil industri rumahannya berupa aneka olahan produk Mangrove dengan nama dagang “Somano”. Namun Pak Karyono mengeluhkan penjualan produk olahan Mangrovenya mengalami penurunan yang sangat drastis sehingga beliau ingin mendalami lebih jauh lagi terkait strategi digital marketing yang dapat dilakukan guna meningkatkan penjualan produk olahan Mangrovenya.

produk-6654560934777c02e5232742.jpg
produk-6654560934777c02e5232742.jpg

Bermula dari keluhan tersebut mahasiswa PPG Prajabatan program studi Kuliner, Universitas Negeri Surabaya angkatan 2023 gelombang 1 berupaya memberi solusi yang dapat meningkatkan pemahaman terkait strategi pemasaran online usaha olahan mangrove. Solusi yang diberikan berupa mengadakan kegiatan penyuluhan digital marketing pada komunitas olahan Mangrove di Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya.

Kegiatan penyuluhan digital marketing ini dihadiri oleh perangkat desa Bapak Hadi selaku selaku perwakilan RW, Bapak Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd atau lebih akrab disapa pak Doni selaku Dosen kami juga sekaligus pemateri pada acara kali ini, warga sekitar dan anggota komunitas olahan Mangrove. Acara yang diadakan ini bermaksud untuk memberi wawasan lebih pada warga dan komunitas untuk proses kemajuan pemasaran produk di waktu mendatang. 

wargaa-6654562734777c068912cdb2.jpg
wargaa-6654562734777c068912cdb2.jpg

Selain itu kami mahasiswa PPG kuliner gelombang 1 UNESA tahun 2023 bersama dengan Pak Doni mengharapkan  UMKM Surabaya berupa produk olahan mangrove ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai produk khas olahan daerah Mangrove di Surabaya.

        Serangkaian acara penyuluhan ini diikuti masyarakat dengan penuh antusias dan rasa ingin tahu yang lebih jauh lagi terkait strategi pemasaran produk dalam bentuk digital. Adapun kegiatan yang menarik perhatian masyarakat adalah masyarakat dibimbing untuk membuat desain produk dengan media aplikasi canva untuk mencurahkan segala ide desain kemasan makanan. 

mba-mutia-66545682ed641551901a8352.jpg
mba-mutia-66545682ed641551901a8352.jpg

Kemasan makanan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen selain isi dari produk olahan mangrove yang terbilang unik. Unik dalam artian belum banyak pemanfaatan olahan buah mangrove yang diperjualbelikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun