Mohon tunggu...
Posko 102KKN
Posko 102KKN Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Walisongo Semarang

Laman ini berisi mengenai kegiatan-kegiatan semasa kuliah kerja nyata (KKN) Di Desa Karangdowo, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Dampak Kecanduan Game Online oleh Mahasiswa KKN Posko 102

23 Juli 2023   22:48 Diperbarui: 24 Juli 2023   00:35 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN Posko 102 menjelaskan dampak game online || 20 Juli 2023 || 10.00 WIB. Dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-MIT) Posko 102 Universitas Islam Negeri Walisongo melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi siswa dengan tema Bahaya Kecanduan Gadget dan Game Online bagi pelajar di MI NU 35 Miftahul Ulum Kecamatan Karangdowo, Kamis (20/07/2023).

Dalam acara sosialisasi yang berlangsung di ruang kelas 5 MI NU 35 Miftahul Ulum, para mahasiswa KKN dengan antusias mengajak siswa-siswa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka memperlihatkan materi-materi edukatif yang menyoroti dampak negatif dari ketergantungan terhadap gadget dan permainan online pada anak-anak dan remaja.

Dalam presentasinya, mahasiswa KKN Devisi Media dan Humas di MI NU 35 Miftahul Ulum juga menyampaikan fakta mengenai meningkatnya jumlah kasus kecanduan game online dan gangguan kesehatan mental yang disebabkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan. Mereka menekankan pentingnya pendekatan yang holistik, di mana orang tua dan guru perlu aktif mengawasi dan memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai penggunaan yang bijaksana terhadap teknologi.

Ketua Devisi Media, Nur Annisa mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk mengedukasi kepada siswa bahwa kecanduan gadget dan game online bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental anak-anak yang masih pada fase pertumbuhan.

Koordinator Devisi Media dan Humas, Dewi Nilam Sari, menyatakan, "Kegiatan sosialisasi ini adalah bagian dari tanggung jawab kami sebagai mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi siswa-siswa. Kami berharap melalui kegiatan ini, kesadaran akan bahaya gadget dan kecanduan game online dapat meningkat, dan dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk perkembangan anak-anak."

Diharapkan melalui sosialisasi ini, para siswa dapat lebih peka terhadap bahaya gadget dan game online serta bijak di dalam menggunakan teknologi. Sebagai bagian dari upaya pencegahan, pendidikan mengenai penggunaan yang bertanggung jawab dan batasan-batasan waktu penggunaan perangkat elektronik perlu diberikan secara berkesinambungan.

Acara sosialisasi ini menunjukkan komitmen mahasiswa KKN dalam turut serta meningkatkan kualitas dan kesadaran siswa-siswa tentang dampak negatif gadget dan game online, sebagai langkah awal untuk menciptakan generasi muda yang lebih sehat dan berdaya saing dalam era teknologi informasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun