Pengertian Pembelajaran Inovatif
Pembelajaran inovatif adalah proses pembelajaran yang di rancang berbeda dengan pembelajaran guru pada umumnya (konvensional). Pembelajaran konvensional akan membuat peserta didik kurang tertarik dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang berakibat pada hasil belajar peserta didik yang kurang baik dan pengetahuan yang diperoleh peserta didik menjadi tidak bermakna. Selanjutnya, pengetahuan yang di peroleh peserta didik di kelas cenderung artifisial dan seolah-olah lepas dari masalah kehidupan sehari-hari yang di alami peserta didik.
Karakteristik Pembelajaran Inovatif
Karakteristik pembelajaran inovatif meliputi :
- Keunggulan relatif yaitu sejauh mana inovasi dapat memberikan manfaat atau keuntungan bagi penerimanyayang dapat diukur berdasarkan nilai ekonominya, prestise social , kenyamanan, kepuasan dan lainnya.
- Konfirmanilitas/ Kompatibel yaitu tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai, pengalaman lalu dan kebutuhan dari penerima.
- Kompleksitas yaitu tingkat kesukaran atau kerumitan untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima.
- Trialabilitas yaitu dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerima.
- Dapat diamati (Observabilitas) yaitu mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi. Suatu inovasi yang hasilnya mudah diamati akan makin cepat diterima oleh masyarakat.
Model Pembelajaran Inovatif
Beberapa model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran, yaitu :
1. Discovery Learning
Rangkaian kegiatan belajar yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang di pertanyakan.
2. Project Based Learning (PjBL)
Pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek.
3. Problem Based Learning (PBL)