Salah satu Sistem Kendaraan yg paling Vital ini selain sistem Kemudi adalah Rem dg komponen2 saluran minyak rem,minyak rem,brake master dn slave cyilinder dn brake booster,tentu pedal rem termasuk,semuanya memerlukan PERAWATAN BERKALA,saya yakin Minyak Rem adalah yg paling sangat terlupakan,krn benda ini tdk mengalami kerusakan selain kotor,apalagi kalau tabungnya kotor,dn Minyak Rem ini punya life time,setiap tahun akan terjadi kontaminasi air,krn faktor humidity dsb,setiap tahun 1% ,ambang batas yg diperbolehkan adalah 4%,ini akan menurunkan titik didih dr 210 drjt Celcius menjadi 149 drjt Celcius pd minyak rem DOT 3,kenapa ada titik didih,pada saat pengereman,terjadi pemanasan pd komponen rem di masing2 roda,panas tersebut menjalar ke minyak rem,kalau minyak rem mendidih,terjadi gelembung2 udara,dn gelembung udara ini tdk padat,sehingga tidak ada tekanan pd rem yg diteruskan.....blong...Minyak Rem sangat wajib unt diganti paling lambat 2 tahun sekali,tentu komponen lainnya juga ada umurnya,truk dn bis2 yg mengalami rem blong bisa saja saat menuruni jalanan sambil ngerem teruus,yg seharusnya pengereman dibantu menggunakan engine brake.....apalagi kalau minyak remnya tdk pernah diganti,tentu rem blong bisa diakibatkan adanya kebororan pd sistem rem dll......saya membayangkan,truk dn bis2 yg sdh overload bergentayangan di jalanan tanpa proses perawatan yg benar merupakan Bom Waktu...adakah cara penghindarannya........sudah ada,KIR itu 6 bln sekali,sdh cukup secara teori,kenyataannya......alat testernya ada dn murah....tdk samap ratusan bahkan puluhan juta/pc nya,Kompasianer datang saja ke Bengkel dn tanyakan,saya ingin jawabannya.....salam wiken....hati2 di jalan yaa....!!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H