Mohon tunggu...
pmm kel 40 tahun 2023
pmm kel 40 tahun 2023 Mohon Tunggu... Psikolog - Pelajar

Mahasiswa Semester 7 Jurusan Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentas Drama di TA Asy-Syahriyah untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini

22 Agustus 2023   07:47 Diperbarui: 15 September 2023   18:45 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Permainan Drama TA Asy-Syahriyah kelas B1

Penulis : Mahasiswa PMM Kelompok 40 Gelombang 2 Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Malang

Dosen Pembimbing Lapang (DPL) : Hudaniah, S.Psi., M.Si.

Anak-anak yang masuk ke dalam kategori usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun (Khaironi, 2018). Pada umumnya, ketika memasuki usia 4 tahun anak-anak sudah mulai memasuki jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Selain itu, pada masa tersebut, seorang anak juga akan mengalami perkembangan bahasa yang sangat pesat, dimana mereka akan mengalami peningkatan dalam hal kapasitas, kerumitan, dan keluasan perbendaharaan kata; mulai beralih dari gerakan menjadi ungkapan untuk berkomunikasi; serta mulai mampu untuk menerapkan bahasa dalam berbagai cara (misal: bernyanyi, berdialog, bertanya, bercerita) (Amalia, 2019). Adapun menurut Harris et al. (dalam Santrock, 2019), anak dapat belajar bahasa dengan lebih efektif serta optimal ketika mereka belajar dengan cara yang interaktif dan responsif jika dibandingkan ketika mereka hanya sebagai pelajar pasif. Salah satu metode interaktif yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan perkembangan bahasa anak adalah dengan metode fun learning. 

Metode fun learning merupakan salah satu metode pembelajaran interaktif dalam pendidikan awal seseorang yang biasanya dilakukan dengan bermain dan kegiatan eksplorasi. Salah satu metode fun learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak adalah dengan permainan drama. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jannati (dalam Zahro, 2018), permainan drama terbukti memiliki pengaruh terhadap kecerdasan linguistik anak.

Permainan Drama TA Asy-Syahriyah Kelas B2
Permainan Drama TA Asy-Syahriyah Kelas B2

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Adapun pada kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa)  di TA Asy-Syahriyah, peserta didik di kelas B1 dan B2 diberi kesempatan untuk melakukan permainan drama di depan seluruh warga sekolah. Masing-masing kelas pun juga menampilkan cerita yang berbeda, dimana kelas B1 menampilkan cerita yang berjudul  'Kelinci yang Hilang' dan kelas B2 menampilkan cerita yang berjudul 'Kucingku Coco'. Selama permainan peran, para peserta didik mendapatkan kesempatan untuk berdialog, berakting, dan menyanyi. 

Tak hanya itu, peserta didik juga dilibatkan dalam seluruh proses persiapan permainan drama, mulai dari tahap membuat atau menyusun cerita, memilih peran, hingga mempersiapkan properti yang akan mereka gunakan. Keterlibatan peserta didik dalam proses persiapan permainan drama merupakan salah satu bentuk upaya mahasiswa dalam membantu meningkatkan kreativitas, kemampuan untuk mengutarakan ide dan pendapat, kepercayaan diri peserta didik, serta bentuk implementasi metode fun learning atau metode interaktif untuk belajar dengan peserta didik. Melalui kegiatan menyusun cerita, peserta didik diharapkan mampu untuk mengasah kemampuan mengutarakan ide dan kreativitasnya dengan cara memberi ide terkait cerita yang ingin mereka bawakan. Melalui kegiatan pemilihan peran, peserta didik diharapkan mampu untuk mengasah kepercayaan diri dan kemampuan mengutarakan pendapatnya saat memilih perannya selama permainan peran. Terakhir, melalui kegiatan membuat properti, peserta didik diharapkan mampu untuk mengasah kreativitas mereka dalam berkreasi dengan berbagai bahan untuk membuat properti drama. 

Pemenang Juara 1 oleh Kelas B2
Pemenang Juara 1 oleh Kelas B2
Pemenang Juara 2 oleh Kelas B1
Pemenang Juara 2 oleh Kelas B1

Daftar pustaka

Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan metode bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun