Sejak awal bulan agustus, lima orang mahasiswa UMM yang tergabung dalam Kelompok 83 telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pemberian pelatihan penjualan online di salah satu marketplace yaitu di Lazada. Program tersebut diadakan di dua tempat, yaitu di Desa Sepuh Gembol, Kabupaten Probolinggo dan Desa Tunggul Wulung, Kota Malang.Â
Pada hari ke dua puluh lima kegiatan berlangsung, dua orang anggota kelompok yang bertanggung jawab melakukan program kegiatan di Desa Sepuh Gembol, telah melakukan kegiatan evaluasi atas kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh sekitar 10 orang peserta dari Desa Sepuh Gembol. Kegiatan tersebut membahas kembali mengenai materi yang telah diberikan pada kegiatan pelatihan dihari-hari sebelumnya, serta diadakan sesi tanya jawab bagi peserta yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai materi penjualan di Lazada. Tak hanya itu, peserta juga diberikan masker secara gratis sebagai bentuk kepedulian dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan di masa pandemi ini.Â
Menurut Aisyah, salah satu peserta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa kegiatan evaluasi memberikan informasi yang bermanfaat bagi usahanya. "Seneng mbak ada acara seperti ini, saya bisa tau penjelasan lebih banyak tentang jualan di Lazada. Nanti bisa saya terapin di toko saya di Lazada. Ya semoga nanti saya bisa dapet orderan banyak dan lancar usaha saya".Â
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan tambahan penjelasan bagi peserta sehingga dapat membuat toko online mereka di Lazada dapat berkembang dengan baik. Anggota kelompok nantinya akan terus melakukan pendampingan kepada peserta pelatihan penjualan online.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H