Mohon tunggu...
PMM Gelombang09
PMM Gelombang09 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

PMM gelombang 9 kelompok 102, merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang dilakukan oleh universitas muhammadiyah malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memajukan UMKM, Mahasiswa PMM Kelompok 102 UMM Lakukan Pengunggulan Branding & Marketing di Era Digital untuk Jaga Economic Sustainability

9 Februari 2024   18:18 Diperbarui: 15 Maret 2024   20:51 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(05/02/2024) Mahasiswa PMM Gelombang 09 Kelompok 102 2023/2024 UMM, Memberikan Sosialisasi pengolahan limbah cair tahu/Dokpri

Masih banyak UMKM yang mengandalkan metode konvensional dalam proses pemasaran. Akibatnya, hasil dari penjualan produknya tidak seoptimal UMKM lainnya yang menggunakan metode pemasaran yang mulai berubah seiring zaman, yakni dengan penggunaan internet.

Melihat kondisi para pedagang UMKM yang masih berpacukan metode pemasaran konvensional, mahasiswa PMM UMM Kelompok 102 menginisiasi program rebranding terhadap umkm tersebut. Dengan adanya program kerja rebranding dan juga digitalisasi marketing, produk tahu UMKM tersebut dapat dikenal lebih banyak orang,  Jangkauan potensi pembeli pun meningkat. 

Dengan adanya program Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM), proses rebranding awalnya dilakukan melalui pencarian informasi sejarah berdirinya UMKM tersebut, pembahasan nama brand, serta pemilihan kemasan yang sesuai. Outputnya dapat dilihat dengan adanya nama baru bagi brand UMKM tahu yang terletak di Kelurahan Tunggul Wulung, logo, banner, beserta akun media sosial agar dapat dijangkau lebih banyak calon pembeli. Seperti tujuan utama Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini yaitu untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Nama brand UMKM hasil diskusi adalah Tahu Twulung. Nama ini dipilih dalam rangka lokasinya yang terletak  di tengah kota Malang, tepatnya di Kelurahan Tunggul Wulung.  Untuk packagingnya  sempat dipertimbangkan beberapa opsi. Packaging yang tadinya berupa kresek kuning diubah menjadi packaging modis kekinian berupa kemasan plastik klip berukuran sedang dengan logo khas UMKM tersebut.

Akun media sosial yang dibuat mencakup akun Google Mail, Shopee, Youtube, serta akun Whatsapp Business. Diharapkan, dengan adanya akun-akun sosial media di era digital dan modern ini, penjualan produk tahu pun akan meningkat, berkembang, serta dikenal banyak orang. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun