Desa Sidomulyo dan dihadiri oleh perangkat serta pejabat pemerintah Desa Sidomulyo. Pada kegiatan penutupan ini, koordinator kelompok M. Naufal Albazith menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak desa atas kesempatan yang telah diberikan dalam kegiatan PMM, dilanjutkan dengan pemaparan program kerja yang telah dilakukan pada pelaku UMKM di Desa Sidomulyo, lalu diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan sesi foto bursama.
Penutupan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang telah dilaksanakan pada 6 Juli 2022. Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 42 gelombang 5 yang dikoordinir oleh Muhammad Naufal Albazith tersebut menggelar acara penutupan di BalaiMahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang  telah menyelesaikan rangkaian program-program pengabdian masyarakat selama 1 bulan di Desa Sidomulyo. Dengan menargetkan pelaku UMKM untuk dapat mengenal digital marketing dalam kegiatan penjualan dan pemasaran produk. Program tersebbyt antara lain sosialisasi dan pelatihan secra langsung kepada para pelaku UMKM di Desa Sidomulyo untuk mengenal digital marketing dan dalam prosesnya untuk menyesuaikan produk agar sesuai dengan kriteria penerapan digital marketing. Salah satu bentuk perwudannya yaitu pelatihan mengemas produk untuk pengiriman, pelatihan memotret produkk untuk membuat katalog marketplace, pelatihan pengoperasian marketplace yang telah ditentukan, serta tata cara mempromosikan produk agar menjangkau konsumen yang lebih luas pada dunia digital.
Dalam keseluruhan pelaksanaan kegiatan PMM oleh kelompok 42 gelombang 05 berjalan dengan sangat baik. Seluruh kegiatan telah terlaksana sesuai dengan jadwal dan program kerja yang telah ditentukan. Kegiatan ini juga berjalan dengan baik karena mendapat dukungan dari pihak Desa Sidomulyo, Masyarakat Desa Sidomulyo, Dosen Pembimbing Lapangan serta anggota PMM kelompok 42 Gelombang 05 yang telah berkomitmen dan berkoordinasi dengan baik. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah tumbuhnya pengetahuan pelaku UMKM di Desa Sidomulyo tentang digital marketing. Pelaku UMKM di Desa Sidomulyo dapat melibatkan teknologi digital seperti penggunaan marketplave dalam kegiatan operasional. Selain itu para pelaku UMKM di Desa Sidomulyo mendapatkan pengetahuan dalam pengelolaan produk sebelum masuk pada ranah digital, seperti pemotretan produk dan pengemasan produk.
Selain program inti dalam mengenalkan pelaku UMKM pada digital marketing, mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang juga menlaksanakan kegiatan pendamping yaitu lomba yang diikuti oleh anak-anak di Desa Sidomulyo. Lomba tersebut terdiri atas lomba mewarnai dan lomba cerdas cermat. Lomba ini diikuti oleh total 15 anak yang bermukim di sekitar lokasi PMM dan berjalan dengan meriah. Melalui kegiatan pendamping ini, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan intelektual anak-anak di Desa Sidomulyo, serta sebagai bentuk dukungan moril kepada orang tua anak-anak tersebut yang mayoritas berprofesi sebagai pelaku UMKM sektor pertanian di Desa Sidomulyo. Kegiatan lomba ini sekaligus menjadi kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 42 Gelombang 05 sebelum dilaksanakannya kegiatan penutupan.
Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 42 Gelombang 05 berharap seluruh program yang telah dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan tersebut dapat terus dijalankan dan dilanjutkan oleh pelaku UMKM di Desa Sidomulyo. Sehingga penerapan program ini akan bertahan dalam jangka panjang dan memberikan manfaat sebesar-besarnya pada pelaku UMKM di Desa Sidomulyo serta memberikan bukti nyata mengenai keberhasilan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Malang kelompok 42 Gelombang 05 di Desa Sidomulyo,
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H