Mohon tunggu...
Frzajmt
Frzajmt Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pluviophile

I used to write for fun and also educated people.

Selanjutnya

Tutup

Kkn

Berpotensi Semakin Gemilang Kolaborasi JNE dan UMKM Menuju Era Metaverse

31 Januari 2022   22:08 Diperbarui: 20 Mei 2024   03:49 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://x.com/JNE_ID/status/961122125821210624/photo/1

Sudah tidak asing lagi bahwa Indonesia memiliki sebuah perusahaan karya anak bangsa yang memiliki andil besar untuk berbagai kalangan masyarakat, yakni tidak lain tidak bukan adalah JNE dengan nama resmi PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. JNE sendiri tepatnya berdiri pada tanggal 26 November 1990 didirikan oleh Soeprapto Suparno, tepat pada 2021 kemarin JNE31tahun menemani kita semua. Salah satu positive impact yang diberikan oleh JNE adalah mempermudah transaksi antara pelaku UMKM dan konsumen. 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu kegiatan rumah tangga yang dilakukan oleh masyarakat guna memperoleh pundi-pundi rupiah. Bisnis yang acapkali dianggap remeh oleh sebagian orang karena dalam pemrosesannya masih menggunakan anggaran yang cukup sedikit, manajemen operasional yang belum terlalu mumpuni, dan kurangnya tenaga ahli. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak sekali pekerja UMKM yang berpotensi hanya saja belum diasah skill-nya sehingga kurang dilihat.  Oleh sebab itu, di sinilah JNE berperan besar bagi aspek kehidupan masyarakat, JNEMajuIndonesia.

Tantangan dalam memasarkan barang produksinya agar dapat dilirik oleh khalayak banyak, yaitu dengan menggalakkan promosi melalu media sosial. Ya, tahun ke tahun kita terprediksi akan makin akrab untuk bisa hidup berdampingan dengan media elektronik, segala hal sekarang terasa lebih mudah untuk dapat diakses. Begitu pula para pelaku UMKM dengan mempromosikan barang dagangannya melalui media sosial, sehingga orang-orang yang tidak mengetahui menjadi tahu bahwa usaha tersebut ada. Apalagi jika pelaku UMKM giat dan kreatif dalam menjajakkan dagangannya di dunia virtual dengan cara-cara kreatif dan inovatif.

JNE tentunya sangat berandil besar, menjadi jembatan penolong antara produsen dan konsumen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak. Kecepatan dan keandalan layanan JNE tidak perlu lagi diragukan, telah berdiri sejak lama dan mampu untuk tetap bertahan hingga sekarang menyambut era metaverse. Terbukti layanan JNE sangat cakap dalam mepertahankan kekonsistenannya selama ini. 2022 yang digadang-gadang akan menjadi awal lahirnya Era Metaverse, yaitu era di mana segala sesuatunya dapat diakses melalui media virtual, ya, hanya menggunakan gawai kita mampu berselancar mengetahui, mendalami, dan memperoleh segala kebutuhan serta informasi terkini.

Peluang-peluang baru terlihat sangat cerah jika masyarakat mampu menggiring dan  memanfaatkan sebaik-baiknya UMKM di era metaverse kelak. Dapat dimulai dengan meningkatkan ekonomi-ekonomi kreatif yang dilakukan oleh para penggiat usaha produktif. Bahkan, generasi milenial pun dapat mulai memanfaatkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya. UMKM sendiri tercatat sudah menyebar sebanyak 65 juta di seluruh Indonesia, ya, ini merupakan suatu hal positif yang tertentunya berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Dengan implementasi digitalisasi dan menggunakan layanan JNE dalam proses penggiatan sektor industri UMKM tentunya merupakan kolaborasi yang apik dan berpotensi cemerlang. JNE dengan visinya menjadi suatu layanan logistik yang terdepan di Indonesia yang berdaya saing global tentunya sangat sesuai dengan visi UMKM itu sendiri,  yakni meningkatkan perekonomian masyarakat dengan usaha yang mandiri, kreatif, inovatif, dan mampu berdaya saing. Tidak dapat dipungkiri usaha menengah karya anak bangsa pun sangatlah layak untuk diapresiasi dan diberikan jalan menuju keberhasilan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Kita dapat mengambil contoh yaitu salah satu kerabat dekat saya menjadi agen dari JNE ini, usianya masih sangat belia ketika memutuskan untuk bergabung, yakni 17 tahun tentunya tetap dengan didampingi oleh kedua orang tua. Iya, ketika dia masih memakai pakaian abu-abu atau Sekolah Menengah Atas, dia sudah menjadi jembatan antara pelaku UMKM dengan menyiapkan dan menerima barang dari konsumen lalu setelahnya barang diantar oleh pengangkut ekspedisi untuk dikirimkan ke alamat tujuan yang letaknya di seluruh Indonesia. Dengan demikian, JNE pun secara tidak langsung memberikan pengalaman dan kesempatan untuk generasi Z, bahwa mereka mampu berdaya saing pula tanpa pandang bulu dan usia. 

Dengan mengimplementasikan ini, JNE dan UMKM dapat secara efektif memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh metaverse untuk mengembangkan bisnis mereka, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang inovatif. Kolaborasi ini berpotensi mengangkat UMKM ke level yang lebih tinggi sekaligus memperkuat posisi JNE sebagai pemimpin inovasi di sektor logistik.

#JNE31tahun #JNEMajuIndonesia #jnecontentcompetition2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kkn Selengkapnya
Lihat Kkn Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun