Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuesioner System Thinking untuk Siswa SMA

18 November 2024   12:16 Diperbarui: 18 November 2024   12:38 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://www.linkedin.com/pulse/7-benefits-systems-thinking-organizational-change-jackson-ph-d-)

Pengantar

Kemampuan System Thinking atau berpikir sistemik adalah keterampilan yang semakin penting di era modern ini, di mana kompleksitas masalah yang dihadapi manusia terus meningkat. System Thinking memungkinkan seseorang untuk memahami bagaimana berbagai elemen dalam suatu sistem saling terkait, memprediksi dampak jangka panjang, dan menemukan solusi yang holistik serta berkelanjutan. Kuesioner ini dirancang sebagai alat refleksi bagi siswa SMA untuk mengevaluasi sejauh mana kemampuan mereka dalam berpikir sistemik, sekaligus memberikan wawasan mengenai aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang menuntut introspeksi mendalam, siswa tidak hanya akan memahami bagaimana pola pikir mereka bekerja, tetapi juga mulai melihat dunia dengan cara yang lebih terstruktur, integratif, dan penuh makna.

Kuesioner System Thinking untuk Siswa SMA

Berikut adalah kuesioner reflektif yang terdiri dari 25 pertanyaan mengenai System Thinking untuk siswa SMA, lengkap dengan rubrik penilaiannya. Setiap pertanyaan memiliki skala penilaian dari 1 hingga 5, dengan kategori sebagai berikut:

  • 1: Sangat Tidak Setuju
  • 2: Tidak Setuju
  • 3: Netral
  • 4: Setuju
  • 5: Sangat Setuju

Selain itu, rubrik penilaian akhir di bawah tabel menunjukkan cara menentukan tingkat pemahaman siswa berdasarkan total skor yang mereka peroleh.

1      Saya mampu melihat hubungan antar bagian dalam suatu sistem.                                                    

2      Saya sering mempertimbangkan dampak jangka panjang dari suatu keputusan.                             

3      Saya memahami bahwa perubahan kecil dalam sistem bisa mempengaruhi keseluruhan sistem.            

4      Saya cenderung memikirkan solusi dari berbagai sudut pandang.                                                     

5      Saya sering memikirkan bagaimana satu tindakan dapat mempengaruhi orang lain atau sistem lain.

6      Saya memahami pentingnya memperhatikan konteks sebelum membuat keputusan.                        

7      Saya merasa nyaman dengan masalah yang memiliki jawaban yang kompleks atau tidak pasti. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun