DIMENSI #6: MEMPELAJARI PEMBELAJARAN BARU (7/10)
Ikhtisar
Pengetahuan datang dari suatu tempat, apakah itu berasal dari teks, artikel, film, ceramah, laboratorium, demonstrasi, wawancara, pencarian internet, atau kemungkinan besar kombinasi dari beberapa sumber. Tetapi, perolehan pengetahuan membutuhkan lebih dari sekadar informasi mentah dibutuhkan alat dan strategi untuk mengakses, mengumpulkan, mengatur, dan memahami informasi baru. Sebagai perancang konten pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka yang akan dipelajari peserta didik, kita perlu bertanya pada diri sendiri tidak hanya "dari mana informasi itu berasal?" Tetapi juga "alat pecatat, pengatur visual, dan teknik inkuiri macam apa yang akan digunakan siswa saya untuk memahami informasi baru ini?"
Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.
1 Â Â Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
2 Â Â Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
3   Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.
4 Â Â Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.
NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Indikator Instruksional