Mohon tunggu...
Karmilla Dyah
Karmilla Dyah Mohon Tunggu... Administrasi - IRT

merangkai kata agar bermakna dan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Dicubit Makanan Sisa

14 April 2015   22:15 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:06 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belakangan ini aku selalu bangun siang.... ato baru bangun kalo ada tamu dateng...
Males bangun pagi, wong kerjaanku baru bisa dikerjakan siang....

Biasanya, saat aku bangun, istriku sdh berangkat ke warung, tempat ia berjualan nasi... anakku pun sdh berangkat sekolah sejak pk 6 pagi...
Jadi tinggal aku sendirian di rumah...
Huuaaah.... tambah bisa males2an nich...

Kalo sudah bosan di kamar, biasanya aku bangun, ke kamar mandi, lalu menyeduh kopi, di meja makan sdh tersedia nasi dan lauk, masakan istriku... Enak tenan....

Tapi belakangan ini, selain nasi dan lauknya, dimeja makan sering ku temui kadang bakso, mie ayam ato gado2 yg dimakan separuh, lalu ditinggalkan...

Dalam hati nggrundel juga sih, 'dijaman serba mahal gini, kok beli makanan trus ga dimakan habis... Mubazir!'
Karena makanan itu masih enak, seringan aku yg menghabiskannya...

Suatu ketika, pas hari minggu, kala istriku ada dirumah, aku berniat menegur kelakuan boros nya

'Mah.... Kalo ga niat makan sampe abis... gak usah beli2 makanan trus ditinggalin bersisa gitu.... Buang2 uang aja, mubazir tau!....'

Istriku memandangku sejenak, mengangguk dan berkata:
'maafin mama... emang ga sopan ninggalin makan sisa, sebetulnya mama kangen makan pagi berdua dg ayah... makanya mama beli makanan yg dulu biasa kita makan seporsi berdua, sambil mbayangin ayah jg makan di samping mama... Sengaja mama sisakan buat ayah, supaya ayah tau mama kangen makan berdua tiap pagi...'

Dhiiieng....

Kayak dicubit kecil, tapi sakiiit rasanya... denger jawaban istriku...

Ya Allah... Dia tdk pernah protes kebiasaan bangun siangku, tak pernah marah saat aku tak membantu nya di warung, protes istriku malah tersampaikan lewat makanan kesukaan ku....yg ternyata sengaja ia sisakan untuk ku...

Ampuni aku ya Allah....
rumahtanah, 14 april 2015

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun