Mohon tunggu...
Pitri Yani
Pitri Yani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

pencinta kucing, traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Interaksi Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Teknik Penulisan Berita dan Feature

5 Maret 2024   23:33 Diperbarui: 5 Maret 2024   23:46 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

        CIREBON- Proses belajar mengajar yang dilakukan di ruang kelas melibatkan dosen dan mahasiswa terlibat untuk berinteraksi langsung saat pembelajaran. Hal ini diterapkan oleh Miss Dessy Kurhardiyanti pada mata kuliah Teknik penulisan Berita dan Feature Di jurusan Komunikasi Penyiaraan Islam UIN Siber Syekh NUrjati Cirebon, Rabu (28/2).

       Interaksi berperan dalam kegiatan belajar mengajar karena memberikan manfaat antara mahasiswa dan dosen seperti mahasiswa bisa mampu memahami materi lebih dalam dan mampu menjelaskan isi materi yang akan disampaikan kepada mahasiswa lain dan dosen. Dosen juga mendapatkan feedbacknya seperti apakah materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para mahasiswa. seperti yang di lakukan oleh  Miss Dessy dan mahasiswa KPI 4 A dalam pembelajaran Teknik Penulisan Berita dan Feature, Miss Dessy akan membagikan Kelompok untuk Prensentasi materi agar mahasiswa  dapat menjelaskan isi materi kepada mahasiswa lainnya dan dosen. 

    Teknis Pembelajaran yang di lakukan oleh Miss Dessy di awalin dengan presentasi dari kelompok 1 yang akan menjelaskan materi tentang berita. kemudian para pemateri memaparkan materinya masing-masing. lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan dan pemateri pun menjawab bila dirasa ada kurang paham dan keliur Miss Dessy akan menjelaskan dan membantu gara tidak ada keliuran. 

      Sesi berikutnya Miss Dessy setelah memberikan materi, Miss Dessy mengajak mahasiswa untuk mempraktekkan pemahanan secara  langsung : "Saya tuliskan dulu kerangkanya, nantui kalian maju satu persatu untuk menjawab pertanyaan. Biar semuanya dapat giliran,lalu kita bahas bersama," ujar Miss dessy di depan 30 mahasiswa. 

     Para mahasiswa KPI 4 A antusias untuk menjawab pertanyaan dari Miss Dessy meskipun ada beberapa keliuran tetapi ini menciptakan terinteraksi dosen mahasiswa sudah cukup berhasil, tidak hanya satu arah dalam pembelajaran ini namun dua arah yang menjadi tolak ukur bagaimana pembelajaran ini tersampaikan dengan baik.  

   Dalam metode yang di lakukan Miss Dessy sangat efektif dalam proses pembelajaran hingga menciptakan interaksi dosen dan mahasiswa hingga dapat mengoptimalkan ilmu yang di pelajarin dapat tersampaikan dengan baik, dengan interaksi dosen dan mahasiswa dalam pembelajara1n menjadi bermakna dan menyenangkan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun