Mohon tunggu...
Pitri dwi Fatimah
Pitri dwi Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - bismillah

bismillahirrohmanirrokhim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Metode Tanya Jawab

13 Juni 2022   21:28 Diperbarui: 13 Juni 2022   21:47 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia dan berlangsung sepanjang hayat. Sejak kelahirannya didunia,anak memiliki kebutuhan untuk dapat melakukan aktivitas sosial di masyarakat tempat mereka berada. Merupakan suatu kenyataan,anak sebagai makhluk yang belum dewasa. 

Mereka butuh ditolong,dibantu,dibimbing serta diarahkan agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti seluruh Pendidikan yang ada di tanah air mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sampai S3.

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam  meningkatkan sumber daya manusia terutama generasi muda. Menurut Slameto (2010) bahwa di dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah kegiatan belajar merupakan  suatu proses usaha yang dilakukan seseorang memperoleh suatu  perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan 

sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Sebagai lembaga pendidikan formal,sekolah tidak hanya berfungsi mengembangkan kecerdasan anak tetapi juga mengembangkan kepribadian.

Pendidikan sangat penting tanpa Pendidikan Indonesia tidak akan maju salah satu pendukung tercapainya Pendidikan adalah dengan sistem pembelajaran yang baik. Menurut survei dari PERC (Politic and Economic Risk Consultan), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan terakhir yaitu urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. 

Salah satu yang menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia rendah adalah rendahnya kualitas guru. Maka dari itu untuk menunjang kualitas Pendidikan di Indonesia salah satunya dengan memilih metode pembelajaran yang tepat.

Menurut Djamarah et al., 2007 metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama oleh guru kepada siswa tapi dapat pula dari siswa kepada guru. Menurut Armai Arief, 2002 metode tanya jawab adalah suatu Teknik penyampaian pelajaran dengan cara guru mengajukan pertanyaan, atau suatu metode didalam 

Pendidikan dimana guru bertanya sedangkan siswa menjawab tentang materi yang diperoleh.Menurut Dariyo 2013 metode tanya jawab yaitu metode yang ditandai dengan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. 

Pertanyaan dapat diajukan secara lisan atau tertulis oleh guru, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan materi pelajaran yang telah dipelajari oleh siswa pada waktu pembelajaran sebelumnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode tanya jawab adalah pendidik memberikan pertanyaan yang masih berhubungan dengan 

materi yang di ajarkan guna memahami dan memperkuat atas materi yang sudah dipelajari kepada peserta didik. Menurut saya metode ini sangat cocok karena di dalamnya terdapat stimulus antara pendidik dengan peserta didik 

sehingga ketika anak belum faham bisa langsung bertanya, bukan hanya hal itu saja dengan menerapkan metode ini anak akan lebih ativ di kelas sehingga ketika sudah lulus maupun diluar kelas anak akan kritis dan aktiv. Karena untuk membentuk karakter yang seperti ini sulit jika tidak didasari sejak dini dengan begitu kualitas Pendidikan akan lebih meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun