E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan, dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi) Kelebihan : - Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. - Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). - Menurunkan biaya operasional (operating cost). - Melebarkan jangkauan (global reach). - Meningkatkan customer loyalty. - Memperpendek waktu produksi. - Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan). Kekurangan : - Pencurian informasi rahasia yang berharga. - Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan (non-teknis). - Kehilangan kepercayaan dari para konsumen apabila reputasi perusahaan dijatuhkan pihak lain. - Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. - Kerugian yang tidak terduga (kesalahan manusia atau sistem elektronik).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H