Mohon tunggu...
Pipit FebiaNingrum
Pipit FebiaNingrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hello Everyone..... I am a College Student at an islamic University Live In Purwokerto City Life Goal is Fastabiqul Khairat

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Musik Penginspirasi Hidup

3 Maret 2022   19:49 Diperbarui: 3 Maret 2022   19:56 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Musik merupakan sebuah alunan melodi dan harmoni yang menjadi satu kesatuan sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang enak didengar. Semua manusia pasti pernah mendengarkan musik entah itu musik dari alam atau pun dari manusia, karna musik tidak hanya berasal dari alat musik namun segala sesuatu yang menghasilkan suara atau bunyi dapat disebut dengan musik contohnya adalah suara rintikan hujan yang sangat digemari oleh banyak orang karena mereka berpendapat bahwa bunyi atau suara dari hujan dapat menyejukan pikiran dan juga membantu seseorang untuk tidur pulas. Mendengarkan musik merupakan hal yang saya sukai sejak kecil, karena bagi saya emosional, mental, dan estetika dapat terbentuk ketika mendengarkan atau melantunkan musik.  bukan hanya itu belajar sambil mendengarkan musik juga membuat otak saya lebih cepat menangkap ilmu yang sedang dipelajari.

Berawal dari mendengarkan musik membuat saya semakin tertarik dengan dunia seni musik. ketika beranjak remaja saya mulai mencoba memainkan beragam alat musik seperti pianika, drum, gitar, dan keyoard. Tentu saja hal tersebut menjadi tantangan bagi saya karena bermain alat musik tidak semudah yang saya pikirkan, tanpa konsistensi dan niat yang sungguh sungguh akan sangat sulit utuk dapat terampil memainkan alat musik.  Disamping itu saya juga mulai belajar bernyanyi, sebenarnya saat menginjak usia 8 tahun saya mulai mengeskplor suara saya dan memberanikan diri dengan tampil didepan umum. seperti yang saya katakan musik dapat membentuk mental seseorang salah satunya dengan tampil di depan umum, ketika seseorang pertama kali tampil di atas panggung dan dilihat oleh banyak orang pasti akan merasakan demam panggung seperti yang saya rasakan pada saat itu mulai dari keringat dingin, tangan gemetar, detak jantung yang sangat cepat dan akhirnya membuat suara yang dikeluarkan ikut gemetar. Namun ketika tampil untuk yang kedua kalinya pasti demam panggung itu berkurang dengan sendirinya, kita akan terbiasa dengan suasana panggung. Sayangnya kemampuan bernyanyi saya tidak diasah ketika tamat dari sekolah dasar hal tersebut membuat saya tidak percaya diri ketika disuruh untuk mengisi sebuah pertunjukan seni di sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas. Kekuatan mental itu kembali saat memasuki bangku perkuliahan, saya mulai belajar dari awal untuk kemampuan vokal saya dan tentunya itu secara autodidak. Dengan memanfaatkan sosial media terutama youtube merupakan cara saya untuk belajar meningkatkan kualitas vokal dan juga lebih menerima jenis suara yang saya miliki. Awalnya saya berpikir ingin bisa bernyanyi seperti Morissette Amon namun sekarang saya lebih bersyukur dan menerima Husky Voice  yang saya miliki.

Musik juga memberikan manfaat ketika kita mendengar atau memainkannya, antara lain :

1. Relaksasi Pikiran 

Menurut pendapat beberapa orang, musik dapat merileks-kan pikiran dan membuat nyaman pendengarnya karena mengurangi hormon kortisol atau hormon stress dalam tubuh. Sehingga ketika kita belajar pikiran tidak tegang.

2. Mengendalikan Emosi

Sering sekali seseorang mendengarkan musik untuk mengendalikan suasana hati. ketika kita mendengarkan musik otak akan fokus untuk memperhatikan musik dan irama yang didengar.

3.  Meningkatkan Rasa Empati

Empati adalah keadaan dimana ikut merasakaan perasaan orang lain. Menurut Zachary Wallmark, Southern Methodist University, orang yang berempati tinggi maupun rendah memiliki banyak kesamaan ketika mendengarkan musik. Kesamaan yang dimiliki keduanya adalah keterlibatan yang setara di wilayah otak mereka. 

Itulah singkat cerita mengenai latar belakang hobi saya yaitu mendengarkan musik dan bernyanyi, juga manfaat musik di kehidupan manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun