Konsep Inti Dari Ilmu Manajemen Mengenai Kompensasi, Motivasi Dan Kinerja Karyawan.
ManajemenÂ
Hery (2018), berpendapat bahwa manajemen adalah proses mengkoordinir pekerjaan secara efisien dan efektif, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Selain memastikan pekerjaan telah berjalan efisien, manajemen juga fokus pada tujuan organisasi. Menurut Rustika (2021) Manajemen adalah sekumpulan aktivitas untuk menggerakkan sumber daya dalam organisasi yaitu human resources, financial resources, physical resources dan information resources guna mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien.
Fungsi-Fungsi ManajemenÂ
Terdapat empat fungsi manajemen menurut Mardalena, (2017: 6), keempat fungsi tersebut dapat digambarkan sebagai sesuatu kegiatan yang saling berhubungan, yang terdiri dari: 1. Planning (Perencanaan), proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengatisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. 2. Organizing (Pengorganisasian), proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. 3. Actuating (Pengarahan), proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. 4. Controlling (Pengendalian), proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.
 Komponen ManajemenÂ
Larasati (2018) menyampaikan bahwa komponen-komponen didalam manajemen sebagai berikut:
 1. Karyawan Sumber daya manusia (karyawan atau staff atau worker) adalah inti utama dari sebuah perusahaan dan merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tanpa adanya karyawan, manajemen tidak akan berjalan. Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rencana, sistem, proses dant tujuan yang ingin digapai oleh suatu perusahaan.Â
2. Pemimpin atau Manajer
 Orang yang menggunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan, memerintah, mengontrol orang lain serta yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang telah dilaksanakan bawahannya.
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)