Mohon tunggu...
Agung_Pipied
Agung_Pipied Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penikmat seni

Catatan Pasutri (Perjalanan Imajinasi)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Perjalanan Cinta Susu: Jodoh dan Hidup Sehat(i)ku

10 Maret 2017   15:42 Diperbarui: 11 Maret 2017   02:00 452
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal susu sebagai minuman, sekaligus sebagai tambahan nutrisi bagi tubuh, sudah saya kenal sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Saya mengenal susu sebagai minuman dengan kandungan yang kaya akan kalsium dan nutrisi penting lainnya yang penting bagi tubuh, saat dikenalkan pola makan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna (maklum saja, saya adalah generasi tahun 90-an saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar).

Kebutuhan nutrisi tambahan yang terkandung dalam susu, menjadi subtitusi penyempurna dalam pola makan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna, selain nasi, lauk pauk, sayur, dan buah. Sehingga hampir setiap hari, Ibu saya selalu tak lupa menyuguhkan susu saat makan pagi (sarapan) sebelum saya berangkat sekolah, maupun di saat waktu makan lainnya.

Mungkin pola makan 4 sehat 5 sempurna sudah tidak digunakan lagi saat ini, atau lebih tepatnya sudah berganti menjadi pola makan seimbang. Bagi saya itu tidak jauh berbeda, karena pada prinsipnya dalam kedua pola makan tersebut adalah kecukupan nutrisi penting bagi tubuh.

Kerena terbiasanya meminum susu dalam sehari-hari, kebiasaan meminum susu sejak kecil hingga saat dewasa ini, tak mudah saya lepas saat dimanapun saya berada. Bahkan hingga saat saya kuliah,  dan harus membiasakan meminum susu bukan hasil buatan Ibu, seperti di rumah.

Kebiasaan meminum susu yang terpolakan dari kecil, tidak cukup sulit bagi saya (waktu itu) untuk mencari susu di tempat saya yang baru. Karena saya kuliah di Malang, tentunya untuk mencari susu bisa dikatakan cukup mudah.

Malang yang dikenal sebagai salah satu kota besar dengan embel-embel sebagai kota pelajar, bagi saya cukup mudah untuk menemukan susu diberbagai tempat. Kita (mahasiwa) bisa membeli dengan mudah di warung, kios, dan swalayan yang banyak dijumpai di kota ini. Bahkan, untuk mencari kedai yang khusus menjajakan aneka varian susu segar, di malang juga sudah menjadi hal yang familiar. (tau sendiri kan, malang dengan sejuk alamnya, masih banyak peternakan sapi perah yang setiap hari selalu ready stock susu sapi segar).

Mulai mengenal kota pelajar ini, yaitu Kota Malang, saya suka mencari-cari tempat jajanan malam. Mulai dari nongkrong di warung kopi, sampai kedai-kedai makanan khusus yang menjajakan makanan dan minuman khas Malang. Namun ada yang unik dari saya, meski ngopi di warung kopi, yang saya pesan bukanlah kopi, melainkan susu (bahkan hal ini menjadi kebiasaan di mata teman-teman saya, karena seringnya ngopi, tapi yang dipesan susu).

Semakin lama di Malang, semakin saya mencari tempat-tempat yang sekiranya cocok buat destinasi berkuliner dan melepas kepenatan dalam tugas kuliah dan aktivitas organisasi. Tidak hanya di Malang, saya mencari tempat yang nyaman, bahkan sampai ke Kota Wisata Batu. Di Kota ini (Kota Batu), saya menemukan beberapa tempat yang saya anggap nyaman, selain jajanan kulinernya yang juga enak tentunya, yang cocok untuk refreshing saat malam hari.

Karena saya adalah penggila susu, maka yang saya cari (khususnya di Kota Batu) adalah tempat yang menyuguhkan susu di daftar menunya, selain menu makanan untuk santap makan malamnya.

Sangking gemarnya meminum susu, saya sering mengajak teman untuk bergerilya ke Kota Batu hanya karena ingin mencari kedai susu yang enak, yang kebetulan, teman saya juga seorang penggemar susu. Iya, patokan saya mencari susu adalah susu yang enak dan nikmat jika diminum. Karena prinsip saya, jika rasa susu enak, maka (InshaAllah) kandungan nutrisi yang ada di dalamnya pun pasti masih terjaga. Hal ini karena perlakuan susu yang kurang baik, akan menjadikan rasa susu yang kurang enak juga.

Singkat cerita, setelah berpindah-pindah mencari tempat nongkrong, akhirnya saya dan teman saya menemukan kedai susu yang dikelola salah satu KUD di Kota Batu. Iya, kedai yang khusus menjajakan aneka varian susu dan soto daging itu, sangat cocok dengan kriteria yang kita inginkan. Rasa susu segarnya sangat enak saat diminum dengan suhu Kota Batu yang dingin, ditambah soto dagingnya yang “sepakat” dengan lidah kita berdua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun