Mohon tunggu...
Fathan Winarto
Fathan Winarto Mohon Tunggu... Penulis - History and Theology Story-Teller

Hobi Baca Sejarah, Terbuka Untuk Diskusi Masalah Agama, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar, Cairo.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Wangsakerta Apaan Sih?

15 November 2019   14:29 Diperbarui: 15 November 2019   14:36 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum masuk ke pembahasan, jadi kenapa ujug ujug bahasa saya begini, karena rasanya pointless kalo bahasanya baku banget. Motivasi pertama saya nulis sejarah yang di publis tuh biar gampang dipahamin. Dulu awal awal nulis saya pake bahasa yang kaya gini, malah pake lu gua, biar gampang paham gitu kan. Nah makanya kalo bahasanya baku ya apa bedanya sama buku buku sejarah di Gramed?

Nah, atikel kali ini saya mau bahas tentang sebuah istilah yang berkali kali disebut di tulisan sebelumnya. Wangsakerta.

Beberapa kali tuh disebut "Naskah Wangsakerta" di tulisan yang lalu, terus dibilang juga katanya Naskah ini kontroversi ke'"sohih"-annya. Emang kenapa si Naskahnya? Salah apa si Wangsakerta?

Jadi gini gengs, dulu, di abad ke 17M, lagi jaya jaya nya nih kerajaan macem Mataram di Jawa Tengah, sama Banten di Jawa Barat. Walaupun sama sama kesultanan, tapi tetep lah pada adu pengaruh. Jadi jangan kira perang dingin Proxy War ga pernah ada di indo. Ada lho, cuma jarang kedengaran.

Nah, sistem kerajaan jaman dulu tuh gini nih, misalnya ada kerajaan gede, ya contoh Mataram Islam lah. Mataram Islam ni karena kuat, dia berhasil naklukin wilayah wilayah di sekitarnya. Terus pemimpin wilayah yang ditaklukkan itu jabatannya jadi semacem "Banner Man" kalo di GOT atau di Kerajaan Abad Pertengahan Eropa lah. Buat yang ga tau, Banner Man itu "Raja Bawahan" yang loyal sama Raja Induk. Punya Otonomi Wilayah, tapi kewajibannya bayar upeti, sama kirim tentara kalo Kerajaan Induk lagi perang.

Nah, ada bedanya Banner Man Indo sama Eropa. Kalo di indo tuh si Banner Man ga boleh tinggal di wilayahnya, soalnya wilayahnya udah ditaklukin kan. Nah Banner Man tinggal di Keraton Kerajaan Induk, terus yang jalanin pemerintahan di wilayahnya tuh Orang Tunjukan Kerajaan Induk yang setia sama Induk.

Nah, di tengah Proxy War Banten-Mataram, tersebutlah Kesultanan Cirebon. Kesultanan ini dipimpin sama Raja yang namanya Panembahan Adining Kusuma, gelarnya Panembahan Ratu II. Dia cowo ya jelas, Ratu tuh sering dipake buat Gelar Raja di Indo. Dimulai dari Kerajaan Medang Gelar "Ratu" dipake buat Raja.

Oke, seperti sistem yang udah disebut, Banner Man tinggal di Keraton Kerajaan Induk. Karena Cirebon ni bawahannya Mataram, akhirnya Panembahan Ratu II tinggal di Mataram bareng anak pertama dan anak keduanya. Tapi, pada hakikatnya tuh Kesultanan Cirebon kaga kalah perang, artinya belum ditaklukkan sama Mataram, jadi yang mimpin Cirebon tu bukan orang tunjukkan Mataram, tapi anak ketiga dari Panembahan Ratu II, yaitu Pangeran Wangsakerta.

Oiya, terus kenapa Panembahan Ratu II tinggal di Keraton Induk padahal belum takluk? Itu karena Panembahan Ratu II ada hubungan kerabat sama Mataram. Juga Kesultanan ini sebenernya lebih deket ke "bekas wilayah Mataram" daripada Banten. Dulu kan Cirebon di bawah Demak, sedangkan Mataram tu kelanjutan dari Kerajaan Demak. Walaupun Panembahan Ratu II juga punya hubungan darah sama Kesultanan Banten, tapi hubungan Kesultanan Cirebon Sendiri emang lebih deket ke Mataram.

Oke lanjut ke Wangsakerta. Jadi, ketika Ayah dan kedua kakaknya tinggal di Mataram, Wangsakerta umurnya baru 20-30an. Masih muda banget. Tapi dia bisa memerintah Kesultanan Cirebon dengan baik. Masa kepemimpinannya juga ga sebentar loh. Dia tuh jadi Sultan Cirebon selama 12 tahun, tanpa bimbingan siapapun, dan melaksanakan tugas dengan mandiri. Dia ni dikenal sebagai anak muda yang baik, ganteng, dan suka banget sama ilmu.

Diceritakan, jadi selama Panembahan Ratu II tinggal di Mataram, Panembahan Ratu II sering banget ngasih tau satu mimpi terbesarnya. Dia bilang ke kedua anaknya, kalo dia mau bikin buku sejarah Nusantara yang isinya kisah dari jaman prasejarah sampe jaman mereka idup.

Tapi ya mau gimana kan, dua anaknya juga ditahan di Mataram, ga bisa bikin buku kaya gitu yang itungannya proyek gede banget. Nah, karena Pangeran Wangsakerta yang mimpin Cirebon tuh suka banget Ilmu, akhirnya dia beranikan diri untuk nyusun buku itu.

Pangeran Wangsakerta pun nyusun kepanitiaan. Dia mau bikin Seminar Diskusi berskala Nusantara untuk menyusun buku impian ayahnya. Dia tunjuk panitianya rapih banget. Ada Sie. Acara, Sie. Akomodasi, dsb dsb.

Dalam Seminar ini, dia ngundang semua juru tulis dari setiap Kerajaan yang ada di Nusantara. Entah kerajaan kecil, atau besar. Juru Tulis tu kan semacem sekretaris gitu kan jadi pasti pada nyimpen tuh arsip hikayat sejarah kerjaannya masing masing.

Selain perwakilan dari seluruh Nusantara, Wangsakerta juga manggil orang orang dari luar negri. Cina, Arab, dan beberapa negri lain. Fungsinya sebagai Saksi dan penengah. Karena seringkali perdebatan antara Juru Tulis terjadi.

Kan ya namanya kerajaan, pasti kadang singgungan. Nah kalo ada peristiwa perang nih, antara kerajaan A sama B contohnya, terus dua duanya cekcok, siapa yang sebenarnya ngawalin perang, siapa yang salah, siapa yang menang. Soalnya cerita kan ditulis ga mungkin dong merugikan yang nulis, jadi gitu lah banyak ribut. Makanya ada Saksi Asing. Kan catatan Cina banyak tuh yang nulis tentang Indonesia. Banyak juga hikayat Arab yang ngerekam Indonesia, makanya dari dua etnis itu dijadikan saksi.

Akhirnya, setelah semua upaya itu, terbitlah Naskah Wangsakerta. Naskah ini tebel banget. Hasil karya Wangsakerta cs. adalah 1213 judul naskah yang totalnya sampe 10.000 halaman! Cuma buku buku ulama Islam klasik mungkin yang bisa nyaingin karya ini. Tapi sayangnya yang sampe ke kita sekarang cuma beberapa judul naskah aja. Kaya Pustaka Rajyarajya I Bumi Nusantara, Pustaka Pararatwan, dan Pustaka Nagarakretabhumi.

Sayangnya lagi, naskah naskah yang sekarang ditemukan ini, banyak kalangan yang bilang kalo itu palsu. Kenapa kok dibilang palsu? Banyak sebenernya, tapi saya tulis 4 Faktor aja:

1. Proses Pembuatannya Sulit Dipercaya Bisa Berhasil

Ini yang paling nyelekit nih. Saya tulis pertama soalnya yang nyanggah juga banyak banget. Jadi kata sebagian ahli, Zaman ketika itu tuh walaupun Mataram sama Banten masih rada berdaulat, tapi intervensi Belanda juga udah kenceng. Kebukti dari adanya wakil Belanda di Kesultanan Banten, campur tangan Belanda di urusan Mataram, bahkan pengangkatan Sultan Cirebon setelah Panembahan Ratu II wafat pun atas restu Belanda. Belum lagi ketika itu Mataram pun lagi konflik internal sama Trunajaya dari Madura, dan pasukan Bajak Laut Kraeng Galengsong.

Belanda jelas lah ga bakal ngizinin geliat ilmu besar besaran itu terjadi. Mana penyelenggaranya cuma Kesultanan Bawahan Mataram. Tapi kan Cirebon dibawah perlindungan Mataram? Ya gimana mau ngelindungin kalo tentara Mataram aja kalah mulu di perang perang lawan Trunajaya saat itu. Jadi sulit dipercaya bahwa Wangsakerta beneran ngadain Seminar besar itu di abad 17.

Jelas pendapat ini dilawan sama orang orang yang ngebela Naskah Wangsakerta. Belaan mereka ranahnya "simpatik-patriotis" gitu. Mereka bilang ya elah, giliran barat atau negara asing yang bikin ginian aja langsung dipercaya keabsahannya. Tapi giliran bangsa sendiri, kok malah diginiin?

Ada juga yang jawab dengan ranah agamis. Pangeran Wangsakerta di awal naskahnya nulis "Bismillah", pujian kepada Allah, juga salawat pada Rasul. Ini melambangkan sifat agamis sang pangeran. Juga kemungkinan Pangeran Wangsakerta dengan haus ilmu dan kejeniusannya bisa jadi dia belajar Ilmu Hadis. Ilmu tentang periwayatan suatu "kabar". Dengan basic ini, bisa jadi Pangeran Wangsakerta nulis naskah naskahnya.

Lah, terus kalo emang Seminar ga pernah ada, ko sekarang ada bentuk fisik Naskahnya? Lanjut ke faktor kedua

2. Kertas Naskah Sangat Tidak Wajar

Naskah yang ditulis di abad 15-17 Masehi tuh biasanya ditulis pake kertas tradisonal namanya Daluwang. Biasanya warna kertas ini abu abu gitu kan soalnya udah kemakan zaman yang aslinya coklat coklat kertas kayu gitu. Nah tapi setelah Tim Arkenas yang neliti naskah itu meriksa, mereka coba usap pake air ludah tuh kertas, ternyata luntur. Warna abu nya luntur dan dibalik abu ada warna hijau atau merah muda. Ini nandain kalo kertas naskah itu adalah kertas manila. Wadaw.

Emang ada lagi yang bales kritik ini, ada yang bilang emang ga ada naskah yang sampe ke zaman kita trus kertasnya masih asli kertas yang dipake pas naskah pertama kali dibuat. Soalnya sebaik apapun cara penyimpanan naskah, umur kertas cuma 100 tahun paling lama. Makanya wajar kalo naskah yang di dapet tu bukan asli. Jadi pasti ditulis ulang. Lagi pula penulisan ulang emang udah jadi semacem protokol penjagaan sebuah naskah kuno. Makanya masih ada yang meyakini naskah itu asli walapun kertasnya bukan Daluwang.

3. Isinya Modern

Gimana tuh isinya modern? Jadi isi Naskah Wangsakerta tuh sesuai sama teori teori sejarah yang baru ditemukan di abad modern. Contohnya pernyataan seorang sejawaran Indonesia terkenal, Drs. Boechari. Beliau bilang dalam artikelnya: "Nama Cailendra (ini nama Dinasti) dalam naskah itu selalu ditulis dengan Salendra. Saya tau orang yang pertama kali membaca Dapunta Salendra ialah saya sendiri..." Nah berarti yang pertama kali nemu nama Salendra tuh Boechari, soalnya sumber sejarah sebelumnya menulis sama nya Cailendra.

Di Naskah itu juga disebut gelar lengkap seorang Raja Medang, (Ditulis Sri Maharaja Tejahpurnapana Panangkaran). Padahal nama ini baru ditemuin oleh De Casparis di tahun 1950. Lucunya lagi nih, sebelum penelitian 1950, De Casparis bikin beberapa kesimpulan keliru. Dan kekeliruan yang De Casparis simpulin masuk juga ke Naskah Wangsakerta.

Seakan akan emang referensi sejarah Naskah Wangsakerta tuh tulisan tulisannya sejarawan modern gitu.

4. Gelagat Unik Des Casparis

Des Casparis tuh guru Drs. Boechari di bidang Epigrafi. Suatu hari, Drs. Boechari lagi neliti satu bagian dari Naskah Wangsakerta. Pas belio lagi baca, kebetulan disitu ada Des Casparis. Biasanya nih, kata Boechari, Des Casparis cuma cengir cengir aja kalo ada hal lucu. Tapi pas Des Casparis baca naskah di bagian Sang Dharmmadhyaksa Ring Karasulan (Ini istilah untuk nyebut "Penghulu Istana Cirebon") dia ketawa lepas banget. Boechari nganggap ada sesuatu yang aneh gitu kan, akhirnya Boechari yakin banget kalo Naskah Wangsakerta ini palsu.

Nah itu tadi hal ihwal tentang Naskah Wangsakerta. Emang sih ini kontroversi banget. Debat nya ga kelar kelar. Ya Tapi ga bisa dipungkiri kalo naskah ini juga bisa ngisi beberpa Missing Link dalam sejarah Indo. Makanya di tulisan saya banyak dikutip.

Tapi percaya ga percaya ga masalah, itu urusan pembaca. Saya pribadi beberapa kali nemuin Naskah Wangsakerta dikutip sebagai sumber dengan dijelasin juga kalo sumber ini kontroversial.

Yah semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Semakin tau kita tentang sejarah bangsa sendiri, semakin bangga kita pada negri, dan identitas bangsa kita semakin tumbuh juga kan.

Pokoknya jas merah lah, sampai ketemu di artikel selanjutnya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun