Mohon tunggu...
Muhammad Fikri Abdul Zaki
Muhammad Fikri Abdul Zaki Mohon Tunggu... Lainnya - SEO Specialist at Depici

Halo, saya adalah seorang Digital Marketing dan SEO Specialist dengan pengalaman kurang lebih 4 tahun sebagai content writer, dan 3 tahun di dunia SEO.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Website Sebagai Cara Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan Bisnis

5 Desember 2024   15:14 Diperbarui: 5 Desember 2024   15:18 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada era di mana dunia bisnis semakin kompetitif, memiliki website sudah menjadi sebuah keharusan bagi pemilik bisnis, baik itu skala kecil ataupun skala besar. Website bukan hanya sekedar alat untuk menampilkan informasi, melainkan platform strategis untuk memperkuat brand awareness dan mendorong penjualan di lanskap digital yang luas ini.

Apa itu Website?

Depici menyebutkan website sebagai kumpulan halaman web yang berisikan informasi teks, video, atau konten lain yang bisa diakses melalui internet. Website ini dapat digunakan sebagai media informasi, branding perusahaan, hingga platform komunikasi dan transaksi dengan pelanggan.

Contoh nyata dari website ini adalah Kompasiana. Kompasiana adalah contoh dari jenis website 'blog', yang digunakan untuk berbagi informasi. Namun, berbeda dengan website blog biasa yang biasanya hanya ditulis oleh pemilik website, Kompasiana memperbolehkan semua orang untuk menulis di platform mereka.

Pentingnya Website untuk Bisnis Modern

Website adalah wajah digital dari bisnis Anda. Dilansir dari Parachute, terdapat beberapa alasan mengapa website sangat penting:

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Di era di mana penggunaan internet menjadi bagian kehidupan sehari-hari, pelanggan kini cenderung mencari informasi tentang bisnis secara online sebelum membuat keputusan. Dengan berbagi informasi yang berguna, dan memberikan solusi atas masalah pelanggan, website dapat membangun reputasi sebagai solusi masalah mereka.

Calon pelanggan cenderung percaya terhadap bisnis yang memiliki informasi penting seperti nomor telepon, alamat fisik bisnis. Saat ini, website dan sosial media merupakan informasi yang wajib ada. Jika bisnis Anda tidak memiliki hal-hal tersebut, terdapat kemungkinan besar calon pelanggan tidak jadi membeli produk Anda.

2. Menawarkan Informasi 24/7

Tidak seperti toko fisik yang memiliki jam operasional terbatas, website memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi tentang produk atau layanan Anda kapan saja.

Memiliki website berarti pelanggan dapat mengakses bisnis Anda kapan saja, dan di mana saja, bahkan pada hari libur sekalipun. Hal ini memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan, tanpa merasa tertekan atau tidak enak karena tidak membeli.

Di era digital ini, hampir semua bisnis memiliki website tersendiri, Anda akan kehilangan peluang mendapat pelanggan jika Anda hanya berbisnis secara offline.

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Memiliki website berarti bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan secara global tanpa batasan geografis. Hal ini bisa terjadi karena website dapat diakses oleh setiap orang yang memiliki akses internet, tanpa memandang dari negara mana mereka berasal.

Tanpa batasan geografis ini, Anda dapat memperluas pasar dan menjangkau pelanggan dari berbagai lokasi. Semua pengguna internet dapat menjadi calon pelanggan bisnis Anda.

4. Menjadi Platform untuk Pemasaran Digital

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun