Saat sedang membuka-buka kembali materi-materi training jadul bersama salah satu kawan kantor, tanpa sengaja kami menemukan teori motivasi yang digagas oleh seorang psikolog Amerika Serikat bernama David C. McClelland. McClelland adalah seorang penulis dan akademisi terkenal. Dalam bukunya yang bertajuk The Achieving Society, McClelland memperkenalkan sebuah teori yang dikenal dengan nama Theory of Needs.Teori mengenai motivasi manusia ini kemudian digunakan dan dikembangkan dalam ilmu sosial dan manajemen kontemporer.
Menurut Theory of Needs ini, setiap orang pada dasarnya memiliki tiga jenis motivasi kerja dalam dirinya, yaitu motivasi untuk berprestasi (Need of Achievement, n-Ach), motivasi untuk memiliki otoritas/kekuasaan (Need of Power, n-Pow) dan motivasi untuk berafiliasi (Need of Affiliation, n-Affil). Budaya, lingkungan, keadaan sosial ekonomi serta pengalaman hidup setiap orang kemudian membuat salah satu jenis motivasi akan mendominasi dan membentuk karakter orang yang bersangkutan.
Penjelasan ringkas ketiga tipe motivasi tersebut sebagai berikut:
n-Ach
Orang-orang bertipe ini mudah termotivasi dengan tantangan kerja yang diberikan kepadanya. Misalnya pencapaian target. Pikiran orang-orang n-Ach selalu terarah untuk mengolah sumber daya yang dimilikinya serta menghitung resiko dan peluang untuk mencapai targetnya. Mereka senang melihat progress dari pekerjaan atau proyek yang sedang mereka lakukan. Jika berada pada posisi bawahan, mereka mengharapkan penilaian dan masukan secara berkala terhadap tugas yang mereka lakukan. Jadi cara memotivasi orang-orang tipe ini adalah dengan memberi mereka tantangan untuk memancing prestasi mereka, lalu beri reward yang sepadan dengan prestasi mereka.
n-Pow
Sementara itu, Â orang-orang bertipe n-Pow lebih termotivasi jika diberi otoritas atau kekuasaan. Mereka senang berada pada posisi atasan dan menggunakannya untuk mempengaruhi orang lain. Mereka juga menikmati status-status tertentu yang diberikan kepadanya. Memimpin tim, memberi perintah dan memenangkan perbedaan pendapat adalah typical mereka. Cara membangun motivasi orang-orang tipe ini adalah dengan memberi mereka otoritas dan bila perlu iklim persaingan untuk dimenangkan.
n-Affil
Budaya gotong royong dan kekeluargaan sudah ditanamkan pada generasi demi generasi bangsa ini sejak dahulu. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang tergolong ke dalam tipe ini. Orang-orang dengan tipe n-Affil akan termotivasi dengan penerimaan dan hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka lebih suka berkolaborasi dibanding berkompetisi. Mereka memilih mengorbankan kepentingan pribadi demi mencapai kepentingan bersama. Cara memotivasi mereka adalah membuat mereka merasa diterima dalam tim dengan membangun suasana kerja yang hangat.
Pengetahuan mengenai Theory of Needs ini penting untuk para pemimpin yang ingin menggerakkan timnya. Mereka harus mengenal dengan baik karakter setiap anggota tim agar mampu memberikan pendekatan motivasi yang sesuai.
Lantas apa hubungannya dengan blogger?