Mohon tunggu...
Philipus Vembrey
Philipus Vembrey Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pencinta membaca dan menulis

Kehidupan saya lebih berwarna seandainya huruf demi huruf terukir dan membentuk suatu pola pikir yang kritis dan objektif. Jika ada yang tertarik, silahkan untuk mengunjungi blog saya di mbi9.wordpress.com.

Selanjutnya

Tutup

Money

Bisnis bagiSaya ialah Melayani

23 Oktober 2012   13:00 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:29 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Banyak orang merasa kesulitan dalam mencari aksesoris ponsel yang cocok dengan selera. Bertemu dengan aksesoris yang cocok tapi harganya kurang pas. Yah...pasti selalu ada kelebihan dan kekurangan di dalam hidup ini.

Berdasarkan itu semua, saya mencoba untuk membantu setiap orang yang membutuhkan aksesoris ponsel. Maka, saya mendirikan sebuah toko online yang berbasis pada situs blogspot. Nama toko saya itu ialah ponselmania9.blogspot.com.

Memang toko saya itu tidak setenar blibli.com atau aksesorisponsel.com. Namun, itu adalah tantangan saya. Bagaimana pun caranya, saya harus berada satu peringkat di bawah seluruh situs tersebut. Untuk menindaklanjuti keinginan saya tersebut ada beberapa langkah yang coba saya lakukan.

1. Bisnis Online adalah Bisnis atas Dasar Kepercayaan

Setiap bisnis pasti dibangun atas dasar kepercayaan. Bagaimana jika bisnis tidak lagi ada rasa kepercayaan satu sama lain? Maka, jalinan bisnis tidak akan terjalin dengan mesra. Demikian pula bisnis yang sedang saya tekuni ini. Saya membangunnya atas dasar kepercayaan. Ternyata itu pun sulit. Karena masih banyak orang yang sanksi terhadap toko online.

2. Update Barang Setiap Hari
Seorang pedagang tentu akan melakukan segala cara untuk mendapatkan pembeli. Termasuk di dalamnya mengupdate barang yang dijualnya. Saya termasuk yang rutin sekali mengupdate barang dagangan. Setiap hari saya foto dan saya update secara terus menerus di dalam toko kami tersebut. Karena di sini kembali, saya hanya ingin mendapatkan kepercayaan dan melayani dengan sepenuh hati.

3. Inti terdalam ialah Pelayanan
Banyak orang berdagang mempunyai motivasi. Atau pun juga motivasi dalam berbisnis. Ada yang mencari keuntungan sebesar-besarnya. Ada pula yang termasuk dalam pelayanan. Saya mendirikan bisnis ini berdasarkan keinginan saya untuk melayani orang lain dan mengurangi tingkat kemacetan yang menumpuk di toko-toko besar. Ada pula terkadang orang tua yang menanyakan suatu barang kepada saya hanya untuk memenuhi keinginan si anak. Akhirnya saya bantu keinginan tersebut dengan berbelanja sesuai keinginan orang tersebut. Meski capek tetapi saya senang karena bisa melayani orang lain dan mengurangi tingkat kemacetan.

Nah, berdasarkan tulisan saya ini saya dapat mengatakan bahwa dalam berbisnis diperlukan sebuah prinsip yang kuat. Tidak perlu menginginkan keuntungan yang besar, cukup semangat melayani sesama saja, itu sudah menjadi alasan yang cukup kuat bagi kita dalam menjalankan sebuah bisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun