Mohon tunggu...
PGSD 01 PPG Prajabatan UM
PGSD 01 PPG Prajabatan UM Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

Merupakan akun dari Kelas PGSD 01 dalam PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seminar SMART "Strategi Meningkatkan Kualitas Mengajar Tentor" di Era Kurikulum Merdeka

18 Juli 2023   20:40 Diperbarui: 18 Juli 2023   20:43 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu bangsa. Di era globalisasi seperti saat ini, kualitas pendidikan menjadi faktor krusial dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. Bimbingan belajar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam membantu siswa meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentor atau tutor memiliki peran yang sangat vital.

Pada hari Sabtu, 8 Juli 2023, Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Jususan PGSD 01 Universitas Negeri Malang menyelenggarakan seminar SMART dengan tema "Strategi Meningkatkan Kualitas Mengajar Tentor" di Era Kurikulum Merdeka di Bimbingan Belajar BRAWIJAYA Kota Batu. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada tentor dalam menghadapi tantangan pendidikan di era kurikulum merdeka yang memberikan kebebasan lebih kepada sekolah dalam menentukan kurikulumnya.

Seminar SMART tersebut dihadiri oleh para tentor, baik yang berpengalaman maupun yang baru bergabung dalam profesi ini. Pembicara pada acara ini adalah ., seorang pakar pendidikan yang memiliki pengalaman luas dalam mengajar dan membimbing para tentor. Dr. Helga Graciani Hidajat, S.Pd., M.A adalah seorang pendidik di Universitas Negeri Malang yang telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan seminar dan manajemen Bimbingan Belajar BRAWIJAYA Batu. Kemudian, Dr. Helga Graciani Hidajat, S.Pd., M.A memaparkan materi-materi penting yang berkaitan dengan strategi meningkatkan kualitas mengajar tentor di era kurikulum merdeka. Beberapa topik yang dibahas antara lain:

  • Mengenal konsep dan prinsip kurikulum merdeka: Peserta seminar diberikan pemahaman yang mendalam tentang esensi dari kurikulum merdeka dan implikasinya terhadap peran dan tanggung jawab tentor dalam memberikan pembelajaran yang relevan dan bermakna.
  • Peningkatan kompetensi pedagogik: Dr. Helga Graciani Hidajat, S.Pd., M.A membagikan strategi dan metode mengajar yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran siswa. Dia memberikan tips tentang bagaimana melibatkan siswa secara aktif, menerapkan pendekatan yang berpusat pada siswa, dan menggunakan teknologi pendidikan yang relevan.
  • Membangun hubungan yang baik dengan siswa: Pembicara menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif. Tentor harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan siswa, memahami kebutuhan individual mereka, dan memotivasi mereka untuk belajar.
  • Mengatasi tantangan dalam mengajar: Dr. Helga Graciani Hidajat, S.Pd., M.A memberikan wawasan tentang cara mengatasi berbagai tantangan yang mungkin dihadapi oleh tentor dalam proses mengajar. Ia memberikan solusi dan strategi efektif untuk menghadapi masalah seperti motivasi rendah, kesulitan pemahaman siswa, dan diversitas kelas.
  • Pengembangan profesionalisme: Peserta seminar diajak untuk selalu meningkatkan diri dan mengembangkan profesionalisme mereka sebagai tentor. Dr. Helga Graciani Hidajat, S.Pd., M.A memberikan saran tentang pelatihan dan pengembangan yang dapat diikuti oleh para tentor untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka.

Adapun pelatihan singkat yang diberikan kepada tentor dalam kegiatan seminar SMART ini adalah penyusunan asesmen diagnostik. Pembuatan asesmen diagnostik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus penerapan asesmen diagnostik kepada para tentor agar dapat mengetahui kebutuhan belajar siswa. Pelaksanaan dari asesmen diagnostik ini dapat dilakukan setelah peserta mendaftarkan diri, sehingga kedepannya kegiatan asesmen diagnostik ini dapat diterapkan dan termasuk dalam serangkaian kegiatan pra bimbingan belajar. Teknis pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada lembaga bimbingan belajar dan di sekolah tentu berbeda, hal tersebut juga berkaitan dengan durasi waktu yang sudah ditentukan maupun layanan konsultasi diluar jam. Dengan adanya pelatihan sederhana terkait dengan penyusunan asesmen diagnostik, diharapkan dengan adanya perbedaan tersebut para tentor maupun lembaga dapat menjadi suatu hal yang dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.

Seminar SMART "Strategi Meningkatkan Kualitas Mengajar Tentor" di Era Kurikulum Merdeka di Bimbingan Belajar BRAWIJAYA Batu memberikan wawasan yang berharga bagi para tentor dalam menghadapi perubahan dan tantangan di dunia pendidikan. Dengan menerapkan strategi dan metode mengajar yang efektif, serta membangun hubungan yang baik dengan siswa, tentor dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan membantu siswa meraih prestasi akademik yang lebih baik.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat berdiskusi dan bertukar pendapat dengan Dr. Helga Graciani Hidajat, S.Pd., M.A. Para peserta seminar pulang dengan pengetahuan baru yang dapat mereka terapkan dalam pekerjaan mereka sebagai tentor. Semoga dengan adanya seminar ini, kualitas mengajar tentor di Bimbingan Belajar BRAWIJAYA Batu dapat semakin meningkat, sehingga siswa-siswa yang dibimbing dapat meraih hasil yang gemilang dalam pendidikan mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun