Mohon tunggu...
Petrus Rabu
Petrus Rabu Mohon Tunggu... Buruh - Buruh

Harapan adalah mimpi dari seorang terjaga _Aristoteles

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menyusuri Pesona "Surga" Stalaktit dan Stalagmit di Kawasan Wisata Gua Napirboi, Raja Ampat

7 Februari 2019   13:27 Diperbarui: 7 Februari 2019   15:24 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama Raja Ampat mungkin sangat familiar di telinga kita. Bahkan diantara traveller sudah pernah dan sering ke kabupaten yang secara administasi berada di Provinsi Papua Barat atau tepatnya di Kepala Burung Tanah Papua. Potensi wisata dengan pesona wisata baharinya membuat  Raja Ampat terkenal hingga ke manca negara.

Sebut Raja Ampat, pikiran dan benak traveler  pasti terarah kepada indahnya obyek-obyek wisata bahari seperti gugusan kepulauan wayag, Obyek wisata Piaynemo, Teluk Kabui, indahnya kampung wisata arborek, indah telaga cinta dan dapunlol di kepulauan misol.

Dengar Raja Ampat, traveller juga pasti membayangkan bagaimana indahnya taman laut Raja Ampat yang dihuni ribuan jenis Ikan warna-warni dengan  beragam terumbu karangnya.  Pakar kelautan dunia mempublish bahwa 75 % jenis karang dunia ada di Raja Ampat.

Selain memiliki pesona wisata bahari, daerah yang juga dikenal dengan sebutan "sepenggal surga" yang jatuh ke bumi ini, para traveler juga akan disajikan dengan pesona "surga' indahnya situs-situs gua di Raja Ampat. Situs-situs gua tersebut hampir tersebar disemua pulau di Raja Ampat.

Sebut saja misalnya obyek wisata Gua Putri Termenung di Misool. Sebuah kawasan wisata yang mempesona di Misool. Pada pintu gua terdapat stalaktit yang menyerupai seorang gadis yang duduk termenung. Obyek wisata ini sudah banyak diexplorer dan dipublish para pencinta dan petualang wisata gua yang pernah kesana.

Pintu masuk Gua Napirboi, Raja Ampat (foto: dokpri)
Pintu masuk Gua Napirboi, Raja Ampat (foto: dokpri)
Untuk kesana tentu traveler membutuhkan budjet yang cukup. Dan umumnya untuk menjangkau obyek wisata di Raja Ampat membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena kondisi wilayah perairan serta penyebaran obyek wisata yang merata di seluruh wilayah kepulauan ini.

Tapi bagaimana kalau persiapan tidak memadai? Jangan kuatir. Di Raja Ampat tepatnya dekat Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat terdapat sebuah kawasan wisata gua, yang dinamakan Kawasan Wisata Gua Nairboi yang letaknya tak jauh dari Waisai sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Raja Ampat.

Obyek wisata yang berada diarah barat Kota Waisai ini dan berada dalam kawasan Kampung Saunek-Distrik Waigeo Selatan memang belum banyak yang mengetahuinya. Jangankan travaler, sebagian besar masyarakat Raja Ampat pun belum mengetahui obyek wisata yang sangat mempesona ini.

Penulis sendiri baru mengetahui keberadaan gua tersebut dari postingan teman facebook, RyCky Mayor Srg yang kebetulan tinggal tak jauh dari Kawasan Goa Wisata tersebut pada Senin 04 Pebruari 2019.

Berbekal informasi tersebut penulis dan beberapa sahabat di Waisai memanfaatkan liburan Imlek, Selasa (5 Pebruari 2019) mengunjungi Kawansan Wisata Goa tersebut dengan bantuan Ricky selaku pemandu kami pada kesempatan itu. Karena untuk sebuah kawasan wisata apalagi yang kawasan wisata gua kita perlu bantuan pemandu sehingga tidak tersesat di dalamnya.

Dokpri
Dokpri
Setelah melalui persiapan dan koordinasi baik, kami pun coba untuk menyusuri pesona gua naporboi Raja Ampat tersebut. Untuk Traveler luar Raja Ampat, Kawasan Wisata Gua Napirboi ini berada di Pulau Waigeo, sebagai salah satu pulau terbesar dari empat pulau di Raja Ampat. Kawasan wisata ini dapat diakses melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari Kota Waisai, Raja Ampat. 

Di Wasiai sendiri terdapat banyak kendaraan roda dua atau roda yang bisa disewa oleh teman-teman traveler dengan patokan harga untuk kendaraan roda kurang lebih Rp.20.000 -- Rp. 50.000 sedangkan kendaraan roda empat antara 150.000 -- Rp. 200.000 ribu tergantung lamanya pemakaian kendaraan.

Jalur akses menuju kawasan goa ini melewati beberapa spot wisata menarikan di Raja Ampat seperti, Waiwo Dive Resot dan Villa Waigeo dua resort yang berdekatan yang bisa menjadi tempat akomodasi tetapi juga tempat terindah untuk menikmati kehidupan pantai dan sensasi memberi makan ikan atau feeding fish. Selain disuguhkan dengan pemandangan resort dan pantai berpasir putih, para traveler juga akan disuguhkan pemandangan eksotik hutan khas Papua.

Stalaktit pada dinding Gua Napirboi, Raja Ampat (foto: dokpri)
Stalaktit pada dinding Gua Napirboi, Raja Ampat (foto: dokpri)
Selain melalui Waisai sebagai pintu masuk wisata Raja Ampat, akses menuju gua ini juga sebenarnya sangat muda karena berada dekat dengan Bandara Marinda Raja Ampat. Hanya saja penerbangan regular ke Raja Ampat saat ini masih mengalami kendala karena belum adanya penerbangan komersil yang langsung menuju Raja Ampat. Karena itu bagi traveler luar Raja Ampat dianjurkan untuk melalui jalur Kota Sorong selanjutnya ke Raja Ampat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun