Etika Dalam Berkomunikasi
 Apa itu etika dalam berkomunikasi? Sering kita mendengar kata-kata atau pendapat dari seseorang tentang cara kita berkomunikasi dan bagaimana kita menggunakan etika kita saat berkomunikasi dengan orang lain. etika dalam berkomunikasi merupakan cara kita untuk membangun hubungan kita dengan orang lain melalui cara kita berkomunikasi dengan baik, sopan, ramah, dan tidak menjatuhkan opini atau pendapat orang lain terhadap kita.
 Pentingnya etika dalam berkomunikasi tidak hanya tentang memilih atau mencari kata-kata yang baik dan tepat, tetapi etika dalam berkomunikasi juga harus memahami konteks, berbicara jujur dan transparan, menghargai pendapat orang lain, memahami perasaan orang lain, dan menjaga privasi dari informasi yang diungkapkan orang lain kepada kita. Beberapa alasan mengapa etika dalam berkomunikasi penting;
1.Membangun hubungan yang erat; komunikasi yang sopan dan empati dapat membantu kepercayaan dan kedekatan kita terhadap orang lain sehingga orang lain nyaman jika berkomunikasi dengan kita.
2.Mencegah konflik; dengan menerapkan etika kita dalam berkomunikasi, kita dapat menghindari konflik atau kesalahpahaman dengan orang lain.
3.Meningkatkan produktvitas; komunikasi yang efektif dan jelas serta tepat saat menyampaikan pesan terhadap orang lain dapat menghasilkan rencana atau tujuan yang kita inginkan.
4.Menjaga reputasi kita; dengan menerapkan etika dalam berkomunikasi ini kita dapat meningkatkan citra diri kita.
Etika dalam berkomunikasi, membuat kita menjadi orang yang bisa memilih perkataan apa yang baik dan apa yang buruk dalam menyampaikan suatu ungkapan ataupun pesan sehingga kita diterima dengan baik dilingkungan. artinya orang-orang akan merasa nyaman dan senang saat berinteraksi dengan kita, orang lain akan menghormati kita karena kita memiliki sikap sopan terhadap orang lain dan komunikasi yang baik merupakan kunci kesuksesan serta etika komunikasi membuat kita lebih bahagia karena kita terhindar dari konflik dengan menjaga keharmonisan kita terhadap orang lain. ketika kita menerapkan etika dalam berkomunikasi, maka kita akan memiliki sifat lebih peka terhadap perasaan orang lain, mampu menyelesaikan masalah dengan baik, bijak dalam menyampaikan pendapat, terbuka akan sebuah kritik dan saran, serta mampu bekerja sama dalam tim atau kelompok dan organisasi. Komunikasi juga sangat efektif dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat kamu bertemu dengan orang lain kamu menyapa orang tersebut dengan senyum, mengucapkan salam terlebih dahulu serta tidak membentak-bentak orang tersebut atau pada saat kamu di lingkungan kerja, kita bisa bekerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menyampaikan suatu ide kepada audients pada suatu rapat yang dilakukan disebuah perusahaan untuk meningkatkan produksi untuk konsumen terhadap produk yang akan di produksi perusahaan. Â
Terkadang, pada sebuah konflik yang terjadi kita menjadi emosi karena tujuan atau visi dan misi kita akan suatu hal yang dilakukan seseorang di dalam tim. namun, kita sebagai pemimpin juga harus berkepala dingin dan tenang dengan mencari solusi bersama dengan tidak menjelek-jelekkan orang tersebut.
Dalam berkomunikasi kita harus mampu menerima pendapat orang lain yang memberikan suatu ide yang dia berikan terhadap kita dan sebagai pendengar juga harus memberikan sikap melalui gerakan tubuh, artinya saat orang lain memberikan pendapat hal yang harus kita lakukan adalah mendengar dengan menatap orang tersebut, tenang tidak melakukan gerakan tubuh yang berlebihan seperti memukul-mukul meja ataupun benda-benda yang mengganggu konsentrasi orang tersebut, dan tidak langsung memotong pembicaraan orang tersebut saat dia menjelaskan idenya itu sebabnya kita harus menerapkan etika dalam berkomunikasi bukan hanya pendapat kita yang harus orang lain dengar namun juga kita harus mampu menghargai orang lain saat berkomunikasi akan suatu pendapatnya. Berikut 3 hal dalam penerapan etika;
a.Komunikasi Interpersonal.
Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi, ide, perasaan, dan pengalaman yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara langsung. saat berkomunikasi kita harus bisa membedakan apakah itu teman, atau orang tua, maupun rekan kerja. Hal ini menunjukkan bahwa bagaimana cara sikap kita pada saat berkomunikasi dengan memperhatikan nada suara kita, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh kita.
b.Komunikasi Profesional
Komunikasi profesional adalah pertukaran informasi yang dilakukan dan terjadi dalam lingkungan kerja atau bisnis, yang bertujuan untuk tujuan organisasi tersebut. komunikasi profesional harus jelas dan spesifik, formal atau menggunakan bahasa baku, tepat atau terarah pada tujuan, efektif, dan etis.
c.Komunikasi Online.
Komunikasi online merupakan cara kita berkomunikasi atau memberi pesan dengan mudah dengan menggunakan platform media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram, email, dan platfrom lainnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi secara online adalah menghormati orang lain, sopan, jujur, dan melindungi privasi seseorang sembarangan dengan tidak menyebarkan informasi pribadi orang lain.
Semakin berkembangnya teknologi, berbagai tantangan muncul dan tidak sedikit kita sebagai pengguna platfrom media sosial salah menggunakan dan salah dalam menanggapi suatu konflik di media sosial bahkan etika dan komunikasi kita salah, bahkan dengan adanya media sosial kita bisa saja menyebarkan berita hoax atau berita bohong atau mungkin kita mengejek dan menfitnah orang lain yang berpotensi menyinggung perasaan orang lain terhadap kita.
 Jadi, etika dalam komunikasi ini sangat penting dan harus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari karena ini merupakan fondasi atau dasar kita dalam membangun hubungan yang baik dan sehat. etika dalam komunikasi, mengajarkan kita bagaimana sikap kita dalam berinteraksi dan bagaimana perilaku kita dalam menanggapi suatu ungkapan orang lain kepada kita. sehingga kepercayaan orang lain kepada kita semakin meningkat, itu semua di sebabkan karena kita mampu memberikan sikap baik kita dan tanggung jawab kita yang membuat hubungan dan keharmonisan kita dengan orang lain semakin erat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H