Mohon tunggu...
Yusuf
Yusuf Mohon Tunggu... Novelis - Ilmu peternakan

Share seputar dunia penangkaran burung

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Manfaat Memasang Ring Burung yang Wajib Anda Ketahui

22 Mei 2020   14:27 Diperbarui: 8 April 2021   11:07 10097
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ring burung yang ternyata penting untuk kita (Sumber : Natasha Miller via unsplash.com)

Nama saya yusuf, saya merupakan salah satu peternak murai batu di Semarang. Untuk menunjang promosi dan ketenaran penangkaran murai saya adalah memasangkan ring pada setiap anakan yang ingin dijual. 

Bagi kicau mania mungkin sudah tahu apa itu ring, tapi kalo anda baru ingin terjun di dunia penangkaran dan belum tahu sama sekali apa itu ring burung, dan berbagai manfaatnya akan saya jelaskan pada artikel ini. 

Ring burung merupakan aksesoris penanda yang dipasangkan pada kaki burung. Ring dijadikan sebagai identitas burung dari peternakan kita. Karena ring tersebut terdapat nama penangkar, nomer hp, dan identitas penting lainnya. 

Oleh karena itu hukumnya sangat penting kalo mau ternakan kita bisa maju dan sukses. 

Saya sempat bingung dimana sih tempat membuat ring dan bisa tulis nama sendiri. Nah, akhirnya saya mengetik di google dengan kata kunci "jasa pembuatan ring burung murah". Dan munculah berbagai macam penawaran yang muncul. 

Saat itu saya melihat website marketplaces seperti tokopedia, bukalapak, sophee dan website burung seperti Pamankicau yang menawarkan produk ring burungnya. 

Saya sempat bingung sih mau pesan ring dimana, karena model yang beragam dan variasi harga yang beragam pula. Akhirnya saya lihat deh penawaran di pamankicau dan melihat testimoni nya. Dan akhirnya saya pesan disana. 

Tepat 10 hari, ring burung sudah jadi dan sudah sampai di rumah saya. Langsung deh saya pasang ke semua anakan murai batu hasil ternakan saya. 

Cara memasang ring juga gak bisa asal-asalan loh, karena anakan murai udah terlanjur berusia 10 hari jadi agak susah pasang ringnya. 

Kemudian saya kasih handbody pada jari dan kaki anakan murai tersebut, akhirnya ring berhasil di pasang dengan sempurna. 

Tepat saat umur anakan murai atau biasa dikenal para kicau mania dengan trotolan murai (karena kalo masih anakan, terdapat banyak bulu trotolnya) berusia 1,5 bulan saya jual dan dibeli oleh juragan asal Pati, Jateng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun